Pengenalan Konsep Diri Anak Melalui Visual Learning di TK Annida Ya Fatimah Jepat Lor Tayu Pati, Jawa Tengah.

  • Luluk Elyana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat fenomena pembentukan konsep diri anak melaalui pembelajaran media visual dan mendeskripsikan bagaimana media visual yang merupakan dasar teknologi dan informasi dapat menjadi alternatif bagi guru PAUD di TK Annida Ya Fatimah Jepat Lor Tayu Pati. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-fenomenologi. Variabel dalam penelitian ini adalah konsep diri  dan digital learning. Subyek penelitian yang digunakan adalah anak usia 2 – 6 tahun di KB – TK Annida Ya Fatimah Jepat Lor Tayu Pati. Instrumen penelitian menggunakan tehnik trianggulasi yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi terhadap subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adalah pada kegiatan mulai perencanaan, peleksanaan dan evaluasi. Melalui media ini dapat membantu proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak sehingga tujuan pembelajaran yaitu pengenalan konsep diri akan tercapai.

References

Alwisol, (2008). Psikologi Kepribadian, Malang : UPT UMM
Anitah, Sri. (2009). Media Pembelajaran. Surakarta. UNS Press.
Calhoun, JF & Acocella, J.R. (2014). Psychology of Adjusment and Human Relationship. New Jurnal
Psikologi. No. 1, 75-102.
Hendriani, Agustiani. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung : Refika Aditama
Hurlock, Elizabeth. (2009). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga
Mariyana, Rita, Dkk. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta. Prenada Media.
Omrod, J.E. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Erlangga
Rachman, Maman (2011). Metode Penelitian Pendidikan Moral. Semarang : Unnes Press
Rakhmat, Jalaludin. (2002). Psikologi Komunikasi, Bandung : PT. Remaja. Rosdakarya.
Published
2018-03-11
How to Cite
ELYANA, Luluk. Pengenalan Konsep Diri Anak Melalui Visual Learning di TK Annida Ya Fatimah Jepat Lor Tayu Pati, Jawa Tengah.. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 85-90, mar. 2018. ISSN 2615-5389. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/sece/article/view/610>. Date accessed: 21 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.610.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.