Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di TK Se-Kecamatan Parakan, Temanggung Jawa Tengah

  • Faridl Musyadad IKIP PGRI Wates Kulonprogo, Yogyakarta
  • Santi Ambar Ingrum Guru TK Negeri Pembina Parakan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat keberhasilan penggunaan metode bercerita di
TK se-Kecamatan Parakan, 2) untuk mengetahui tingkat kecerdasan linguistik anak usia dini di TK se
Kecamatan Parakan, 3) untuk mengetahui penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kecerdasan
linguistik anak usia dini di TK se-Kecamatan Parakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif dengan rancangan Ex Post Facto. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah guru di TK
se- Kecamatan Parakan. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik
sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini ada 118 guru
namun peneliti hanya meneliti sampel sejumlah 88 guru berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf
signifikan 5%. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, korelasi product
moment, dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan: hasil uji validitas dan reliabilitas N: 88 validitas
100%, variabel X valid statistik 86,2% dan variabel Y reliabel 87,5%. Hasil korelasi product moment
diperoleh r hitung sebesar 0,475. Koefisien determinasi sebesar 22,5%. Hasil uji regresi dalam grafik
histrogram dan P-P Plot menyatakan bahwa data berdistribusi normal. Maka dapat disimpulkan ada
pengaruh yang signifikan antara metode bercerita terhadap kecerdasan linguistik anak usia dini di TK se
Kecamatan Parakan sebesar 22,5% dan 77,5% dari faktor lain. Tingkat penggunaan metode bercerita di
TK se-Kecamatan Parakan yaitu sering, sedangkan tingkat kecerdasan linguistik anak usia dini di TK se
Kecamatan Parakan yaitu baik.

References

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung; Alfabeta,2009.

Sutrisno, Hadi, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi, 2001.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Rineka Cipta; Jakarta,2002.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta; Yogyakarta,1991.

Nasution, MA, Metode Research: Penelitian Ilmiah, Bumi Aksara; Jakarta,2006.

R., Moeslichatoen, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, Jakarta; Rineka Cipta, 2004.

Winda Gunarti, dan Hapinudin, Pedoman Perencanaan dan Evaluasi Pengajaran Di Taman Kanak-kanan, Jakarta; PGTK Darul Qolam,1996.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak, Jakarta,1996.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Metode Khusus Pengembangan Kemampuan Berbahasa, Jakarta,1996.

Surya, Sutan, Melejitkan Multiple Intelligence Anak Sejak Dini, Andi,2004.

Kaufeldt, Martha, Wahai Para Guru Ubahlah Cara Mengajarmu!, Jakarta: PT Indeks,2008.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani, Konseling dan Terapi dengan Anak dan Orang tua, Jakarta; PT Gramedia Widiasarana Indonesia,2005.

Seefeldt, Carol & Wasik, Barbara A., Pendidikan Anak Usia Dini (Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah), Jakarta ; PT Indeks, 2008.
Yus, Anita, Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta; Kencana, 2011.

Sujiono, Yuliani Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta; PT Indeks, 2011.
Asnelli Ilyas. Mendambakan Anak Soleh. Bandung: Al-Bayan, 1997.

Muslihudin&Agustina, M. Mengenal dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Usia TK dan RA. Bandung: Rizqi Press, 2008.

Rustina, N. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Aktivitas Mendongeng (Penelitian Tindakan Tentang Keterampilan Menyimak Cerita Pada Anak Di Smart Kids Pre-School Margahayu Raya Bandung), Skripsi. Bandung: UPI, 2007.

Musfiroh, T. Bercerita Untuk Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas, 2005.
Published
2018-02-19
How to Cite
MUSYADAD, Faridl; INGRUM, Santi Ambar. Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di TK Se-Kecamatan Parakan, Temanggung Jawa Tengah. Journal of Studies in Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 67-74, feb. 2018. ISSN 2615-5389. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/sece/article/view/600>. Date accessed: 24 may 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.