Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia

  • Dhega Febiharsa Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Djuniadi Djuniadi Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pengenalan objek-objek dalam alam semesta seringkali hanya diberikan sebagai gambar dua dimensi kepada anak usia dini, sehingga anak tidak dapat mengetahui bentuk objek secara nyata. Pengembangan media ineraktif 3 dimensi ditujukan untuk memberikan gambaran tentang materi secara visual dari berbagai sisi. Objek berbahaya bagi anak usia dini seperti api, air terjun, sungai mampu divisualkan dengan media ini dengan lebih detail dan nyata. Pemanfaatan aplikasi pembuat game Unity sebagai sarana dalam pembuatan media pembelajaran untuk anak usia dini dirasa cukup mempermudah dalam pembuatan media pembelajaran dengan tema Pengenaan Alam Semesta dan Lingkungan Sekitar. Pengembangan media dilakukan dengan metode research and development, dengan uji validitas oleh ahli media, dan uji pengguna. Hasil dari penelitian berupa media pembelajaran interaktif 3 dimensi yang dapat digunakan sebagai bahan ajar guru sekaligus sebagai sumber belajar bagi anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, W. 2011. Hand Out MK.Perencanaan Pembelajaran AUD. Hand Out tidak diterbitkan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Blackman, Sue. 2011. Beginning 3D Game Development with Unity. New York: Apress.

Bronack, Sanders, Cheney, Riedl, Tashner, dan Matzen. 2008. Presence Pedagogy: Teaching and Learning in a 3D Virtual Immersive World. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, Volume 20 Number 1, 59-69.

Creighton, Ryan Henson. 2010. Unity 3D Game Deevelopment by Example. Birmingham: Packt Publishing Ltd.

Gibson, Jeremy. 2015. Introduction to Game Design, Prototyping, and Development. United States : Addison Wesley.

Hatuti, Puji. 2011. Pengaruh Media Interaktif Animasi 3 Dimensi dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar IPA Anak Tunarungu Kelas D6 di SLB-B YRTRW Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hayati, Nur. 2011. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ibáñez, M. B., García, J. J., Galán, S., Maroto, D., Morillo, D., & Kloos, C. D. 2011. Design and Implementation of a 3D Multi User Virtual World for Language Learning. Educational Technology & Society, Volume 14 Nomor 4, 2–10.

Mapson, Kathleen H, Ernst, Jeremy V and Clark, Aaron C. 2012. Deveoping 3D Modeling Courses for Online Teaching: Instructional Technologies to Consider. 66th EDGD Mid-Year Conference Proceedings, 1-16. Texas: EDGD.

Mendiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemeterian Pendidikan Nasional.

Pranata, Pamoeji, dan Sanjaya. 2015. Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya dengan Unity 3D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Presiden RI. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sekretariat Negara RI.

Roedavan, Rickman. 2014. Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika.

Setiawan, R. (2017). The Influence of Income, Experience, and Academic Qualification on
the Early Chilhood Education Teachers’ Creativity in Semarang, Indonesia. International Journal of
Instruction, 10(4), 39-50.

Smith, Patricia L and Ragan, Tilman J. 2004. Instructional Design Second Edition. Oklahoma : The University of Oklahoma.
Tim Litbang Wahana Komputer. 2014. Mudah Membuat Game 3 Dimensi menggunakan Unity 3D. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjahyadi, M. P., Alicia S., Virginia T., dan Steven S. 2014. Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D. E-Journal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, Volume 4 Nomor 2.

Wikipedia. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini, diakses 1 Juni 2015.

Wikipedia. 2015. 3 Dimensi. https://id.wikipedia.org/wiki/3_dimensi, diakses 7 Juli 2015.
Published
2018-02-19
How to Cite
FEBIHARSA, Dhega; DJUNIADI, Djuniadi. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 75-84, feb. 2018. ISSN 2615-5389. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/sece/article/view/590>. Date accessed: 11 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590.