Uji Komparasi antara Kegiatan Menulis Angka dan Membuat Kalender dalam Pengenalan Konsep Angka di Kelompok B TK Dharma Wanita Kendal, Jawa Tengah.

  • Risky Setiawan Prodi PG-PAUD IKIP Veteran Semarang
  • Pristi Nur Khamah Guru TK Dharma Wanita Kendal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara kegiatan menulis angka dan kegiatan membuat kalender dalam pengenalan  konsep angka pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Trisobo, 2) Untuk mengetahui kegiatan manakah yang lebih efektif dalam pengenalan konsep angka di kelompok B TK Dharma Wanita. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Trisobo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal yang berjumlah 24 anak, 9 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada tiga, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan sebagai teknik pengumplan data apabila peneliti ingin melakukan studi pendahuluan untuk menemukan permasalahan yang akan diteliti. Observasi digunakan untuk memperoleh data di lapangan, baik yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan oleh anak maupun guru ketika proses penelitian berlangsung. Sedangkan dokumentasi merupakan data tambahan yang diperoleh dari hasil lembar observasi yang didokumentasikan dalam bentuk gambar ataupun tulisan yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran dan kegiatan penelitian. Kesimpulan yang diperoleh adalah : 1) ada perbedaan antara kegiatan menulis angka dan kegiatan membuat kalender. Hal ini dibuktikan dari hasil output SPSS sebesar -14.750 (14.750 > 0.05 (2.060). 2) kegiatan membuat kalender dalam pengenalan konsep angka lebih efektif dari kegiatan menulis angka. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata keseluruhan pengenalan konsep angka melalui kegiatan membuat kalender lebih tinggi daripada menulis angka, yaitu (91,54% > 59,57%). Selain itu dikuatkan dengan hasil wawancara yang dilakukan terhadap guru kelas, yang menyatak bahwa melalui kegiatan membuat kalender anak didik menjadi lebih aktif dan kreatif. Ini menunjukkan bahwa kegiatan membuat kalender lebih menunjang proses pembelajaran dalam pengenalan konsep angka pada anak usia dini

References

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Carter, Philip (2009). Test and Assess Your Brain Quotien. India: Replika Press.

Enterprise, Jubilee (2014). SPSS untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo
Gordon, C. & Cooper, L.H. (2012). Meningkatkan 9 Kecerdasan Anak. Alih Bahasa: Cynthia Rozyandra
Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Jamaris, Martini (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta:
Universitas Negeri Jakarta.

Kumaidi & Manfaat B. (2013). Pengantar Metode Statistika: Teori dan Terapannya dalam Penelitian Bidang
Pendidikan dan Psikologi. Cirebon: Eduvision Publishing.

Kusmayadi, Ismail (2010). Kemahiran Interpersonal untuk Guru. Bandung: Pribumi Mekar.

Nunes, T. & Bryant, P. (1998). Children Doing Mathematics. Great Britain: Athenaeum Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, Tentang Standar
Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmawati, Hanik (2014). Efektivitas Metode Bercerita dengan Penggunaan Program Power Point untuk
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 pada Kelompok A di TK PGRI 59
Manyaran. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini IKIP Veteran Semarang.

Setiawan, R. (2017). The Influence of Income, Experience, and Academic Qualification on the Early Chilhood
Education Teachers’ Creativity in Semarang, Indonesia. International Journal of Instruction, 10(4), 39-50.
https://doi.org/10.12973/iji.2017.1043a

Smith, Susan Sperry (2006). Early Childhood Mathematics. USA: Pearson Education.

Sriningsih, Nining (2009). Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Sudaryanti (2006), Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Sugiono (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani (2011). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suriasumantri, Jujun S. (1982). Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suyanto, Slamet (2005), Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dni. Yogyakarta: Hiayat.

Triharso, Agung (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini: 30 Permainan Matematika dan
Sains. Yogyakarta: ANDI.

Wahyudin (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran: Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi
Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. Jakarta: IPA Abong.

Winataputra, Udin S. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Tangerang: Universitas Terbuka.
Published
2018-02-18
How to Cite
SETIAWAN, Risky; KHAMAH, Pristi Nur. Uji Komparasi antara Kegiatan Menulis Angka dan Membuat Kalender dalam Pengenalan Konsep Angka di Kelompok B TK Dharma Wanita Kendal, Jawa Tengah.. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-40, feb. 2018. ISSN 2615-5389. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/sece/article/view/584>. Date accessed: 23 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.584.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.