Pengaruh Metode Story Telling melalui Pemanfaatan Program Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia Dini Manyaran Semarang

  • Laila Nur Savitri Prodi Teknologi Pendidikan, Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektifitas metode bercerita dengan program power point untuk anak usia dini, (2) mengetahui  perbedaan  kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif Jenis penelitian adalah desain eksperimen dengan tehnik uji t (komparasi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol). Objek penelitian adalah 46 siswa kelompok A di TK PGRI 59 Manyaran. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji reliabilitas antar rater dan analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis uji t Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pembelajaran  Metode Bercerita dengan Penggunaan Program Power Point sangat efektif dengan hasil observasi kelas Eksperimen mendapatkan hasil rata-rata lebih tinggi (kelas Eksperimen 0,974, kelas Kontrol 0,767). Ini menunjukkan bahwa metode penggunaan program power point lebih diminati anak TK dibanding pembelajaran sehari-hari. (2) perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sudah terbukti, hasil dari (mean) rata-rata kelompok eksperimen 49, 9167 dan kelompok kontrol 32,9583. Hal ini dibuktikan dari hasil output SPSS sebesar 8,998 (0,05). Hasil dari P value 0,03, jadi Pvalue < 0,05. Pada derajat kebebasan 46 siswa (0,05) pada tabel kritis T (2,013). Dari hasil hitung 8,998 > 2,013. Ini menunjukan bahwa metode pembelajaran dengan penggunaan program power point di minati anak usia dini

References

Aisyah, Siti.(2008). Jakarta: Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD. Universitas Terbuka.
Fridani, Lara & Wulan, Sri.(2011). Jakarta: Evaluasi Perkembangan AUD. Universitas Terbuka.
Jamaris, Martini.(2005). Jakarta: Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak.
Universitas Negeri Jakarta.
Marzuki & Gunawan & Nurgiyantoro, Burhan.(2004). Yogyakarta: Statistik terapan. Gajah Mada University
press.
Moeslichatoen, R.(2000). Malang: Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta.
Naili, Rohmah. (2013). Efektifitas Media Dadu Aritmatika sebagai Pengenalan Konsep Berhitung di Sentra
Persiapan Kelas TK B Kota Semarang. Sekripsi, Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Negeri Semarang.
Pribadi, Benny A.(2010). Jakarta: Komputer dalam Kegiatan Pengembangan AUD. Universitas Terbuka.
Runtukahu J, Tombokan & Kandou,Selpius.(2013). Yogyakarta: Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak
Berkesulitan Belajar. AR-RUZZ MEDIA.
Rusman. (2012). Bandung: Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta
Sugiyono. (2012). Bandung: Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D.
Alfabeta.
Wibhowo, Christine.(2011). Jakarta: Stimulasi Kecerdasan Anak Menggunakan Teknologi Informatika.
Gramedia.
Published
2018-02-18
How to Cite
SAVITRI, Laila Nur. Pengaruh Metode Story Telling melalui Pemanfaatan Program Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia Dini Manyaran Semarang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 22-30, feb. 2018. ISSN 2615-5389. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/sece/article/view/583>. Date accessed: 21 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.583.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.