PERSEPSI MAHASIWA TERHADAP IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTARALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

  • slamet slamet IKIP Veteran Semarang

Abstract

Fakta historis dan geografis serta kultural menunjukkan bahwa  bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang memiliki keberagaman atau pluralitas yang tinggi. Bangsa Indonesia lahir bukan terutama didorong oleh persamaan, tetapi lebih dari itu justru didorong karena kesadaran terhadap perbedaan yang menimbulkan keinginan untuk bersatu sebagai sebuah bangsa yang memiliki tujuan bersama yaitu merdeka, berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Keberagaman atau pluralitas ini sudah disadari baik oleh para penguasa maupun rakyat sejak masa pramodern, oleh sebab itu gagasan ideal yang terkristalisasi dalam semboyan ‘bhinneka tunggal ika’ muncul semenjak zaman Majapahit.


Semboyan ideal bhinneka tunggal ika bukan hanya sekedar kesadaran terhadap pluralitas, tetapi lebih dari itu merupakan gagasan multikulturalime yaitu hidup berdampingan dalam koeksistensi damai dalam masyarakat madani yang heterogen. Pluralitas masyarakat Indonesia sangat berpotensi konflik jika tidak dikelola dengan baik. Berbagai konflik horizontal yang selama ini terjadi banyak bersumber dari aspek pluralitas masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu semangat dan nilai-nilai multikulturalisme harus ditanamkan kepada segenap elemen masyarakat khususnya generasi muda. Dalam hal ini lembaga pendidikan sekolah menduduki peran penting sebagai media untuk sosialisasi dan enkulturasi nilai-nilai multikulturalisme.


Mata pelajaran sejarah sangat potensial untuk upaya penanaman nilai-nilai multikulturalisme. Hal itu bisa dilakukan dengan melalui penyusunan materi pembelajaran dengan mainstreaming aspek-aspek pluralitas dalam sejarah Indonesia secara diakronis.  Selain itu perlu diterapkan strategi dan model pembelajaran sejarah sebagai intelectual training yang mencerahkan. Dengan demikian pembelajaran sejarah akan menghasilkan para peserta didik yang mengapresiasi nilai-nilai multikulturalisme.

Published
2018-04-30
How to Cite
SLAMET, slamet. PERSEPSI MAHASIWA TERHADAP IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTARALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. PAWIYATAN, [S.l.], v. 25, n. 1, p. 67-80, apr. 2018. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/634>. Date accessed: 15 nov. 2018.
Section
Articles