PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI PEMBIMBINGAN DAN PENDAMPINGAN DI GUGUS KARTINI KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA

  • bety dwi jatmi Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Abstract

BETY DWI JATMI, “Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru melalui Pembimbingan dan Pendampingan  di Gugus Kartini Kec. Sidomukti Kota Salatiga”, PTS, Dinas Pendidikan Kota Salatiga, 2017.


Latar belakang masalah adalah, masih adanya sebagian guru yang melaksanakan proses pembelajaran hanya sekedar sebagai kewajiban belaka, sehingga profesionalitas sebagai seorang guru belum dipahami dan dimaknai secara maksimal.  Di sisi lain, pembimbingan dan pendampingan bagi guru sangat diperlukan, karena dapat memper-kuat, memberikan motivasi dan menyeragamkan hasil dan kualitas pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku.


Tujuan kegiatan adalah untuk mendapatkan data secara empiris:  1) profesionalitas guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran; 2) proses pembimbingan dan pendampingan bagi para guru   di Gugus Kartini Kecamatan Sidomukti; dan 3) proses pembimbingan dan pendampingan dalam meningkatkan profesionalitas guru di Gugus Kartini Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga.


Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan subjek 10 guru dari 5 (lima) SD yang tergabung dalam Gugus Kartini di Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  lembar observasi dengan  analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase (DP), sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan 75% skor diperoleh secara individu dan 85% skor diperoleh secara keseluruhan.


Hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) profesionalitas guru SD dalam pelaksanaan proses pembelajaran  adalah sangat baik, hal ini didukung dengan perolehan skor rata-rata  77,8 atau sekitar 8 dari 10 guru sebagai subjek; 2) pelaksanaan pembimbingan dan pendampingan oleh Pengawas kepada guru SD    adalah sangat baik, hal ini didukung dengan perolehan skor rata-rata sebesar 73,75 atau sekitar 8 dari 10 guru sebagai subjek setelah  tindakan pada siklus kedua; dan 3) melalui pembimbingan dan pendampingan  dapat meningkatkan profesionalitas guru SD di Gugus Kartini Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga pada semester genap  tahun pelajaran 2016/2017, hipotesis  tersebut dinyatakan  diterima atau terbukti

Published
2018-04-30
How to Cite
JATMI, bety dwi. PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI PEMBIMBINGAN DAN PENDAMPINGAN DI GUGUS KARTINI KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA. PAWIYATAN, [S.l.], v. 25, n. 01, p. 27-36, apr. 2018. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/630>. Date accessed: 22 july 2018.
Section
Articles