INOVASI PIPA KATALIS GANDA METODE HYDROCARBON CRACK SYSTEM UNTUK PENGHEMAT BAHAN BAKAR MOBIL TERHADAPPENGHEMATAN BAHAN BAKAR DAN TEMPERATUR MESIN

  • Khanif Setiawan Teknik Mesin- Sekolah Tinggi Teknik Wiworotomo Purwokerto
  • utis sutisna Teknik Mesin- Sekolah Tinggi Teknik Wiworotomo Purwokerto

Abstract

Naiknya harga bahan bakar menjadikan masyarakat lebih tertarik dengan mobil lebih irit. Inovasi telah banyak dikembangkan untuk alat penghemat bahan bakar, diantaranya metode booster, magnetik, elektrolisis, dan power arus. Alat-alat ini dapat meningkatkan performa mesin dan mengurangi konsumsi bahan bakar, tetapi menjadikan mesin over heating, over vibration, over noise dan yang paling parah mengakibatkan mesin pecah. Sehingga penelitian ini ingin mengembangkan pipa katalis HCS ganda yang disusun seri dengan memanfaatkan tekanan gas buang knalpot. Diharapkan riset ini dapat menghemat bahan bakar di atas 65% untuk mobil kijang ekstra tahun 1998 tanpa mempengaruhi performa mesin. Tujuan penelitian ini ingin mengembangkan desain pipa katalis HCS yang dapat menghemat bahan bakar di atas 65% untuk mobil mobil kijang ekstra tahun 1998 tanpa mempengaruhi performa mesin, dan temperature mesin. Hasilnya setelah dipasang pipa katalis HCS ganda pada mobil Kijang Grand Ekstra tahun 1988 waktu penghematan bahan bakar mencapai 62,22%  dan penurunan temperatur mesin 15.23% pada pipa katalis HCS ganda dengan panjang 200 mm, volume tabung pertamax 2000 ml, dan kecepatan putaran mesin 2000 rpm.

Published
2018-04-30
How to Cite
SETIAWAN, Khanif; SUTISNA, utis. INOVASI PIPA KATALIS GANDA METODE HYDROCARBON CRACK SYSTEM UNTUK PENGHEMAT BAHAN BAKAR MOBIL TERHADAPPENGHEMATAN BAHAN BAKAR DAN TEMPERATUR MESIN. PAWIYATAN, [S.l.], v. 25, n. 01, p. 11-17, apr. 2018. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/628>. Date accessed: 22 july 2018.
Section
Articles