PENINGKATAN SDM (SISWA) MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI)

  • agus sri suhono ikip veteran

Abstract

Pendidikan dan pengajaran selalu mengalami pembaharuan dalam rangka mencari struktur kurikulum, sistem pendidikan dan metode pengajaran yang effektif dan effisien. Upaya tersebut antara lain peningkatan sarana prasarana, peningkatan mutu, para pendidik dan peserta didik serta perubahan dan perbaikan kurikulum secara continue. Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik , sehingga yang bersangkutan mampu memiliki dan memecahkan problem pendidikan yang dihadapinya. Kurikulum yang diberlakukan  untuk meningkatkan mutu pendidikan, yang dirancang untuk responsif terhadap penerapan hak asasi manusia, kehidupan berdemokrasi, globalisasi dan otonomi daerah. Keunggulannya adalah terwujudnya proses pembelajaran yang lebih menekankan pada belajar mengetahui, learning to know, learning to do, learning to be,  learning tolive together . begitu pula ada beberapa strategi dalam pembelajaran  yang antara lain , pembelajaran kontekstual, pengajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif, inquiry maupun yang lain-lain. Dalam proses pembelajaran guru harus memiliki strategi-strategi tertentu, banyak strategi atau metode yang digunakan dalam proses PBM. Salah satu  metode yang dikembangkan seiring dengan kurikulum berbasis kompetensi adalah metode Kooperatif, dimana metode ini memiliki keunggulan dari metode yang lain.

Published
2018-04-30
How to Cite
SUHONO, agus sri. PENINGKATAN SDM (SISWA) MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI). PAWIYATAN, [S.l.], v. 25, n. 01, p. 1-10, apr. 2018. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/627>. Date accessed: 22 july 2018.
Section
Articles