MEMAHAMI PEMANASAN GLOBAL DAN PERUBAHAN IKLIM

  • Jacobus Samidjo ikip veteran
  • Yohanes Suharso

Abstract

Pamanasan gblobal terjadi karena peningkatan jumlah Gas Rumah Kaca (GRK) di lapisan udara dekat muka bumi (atmosfer). Gas tersebut memerangkap panas dari matahari sehingga menebarkan suhu bumi dan air laut semakin panas dan akhirnya lebih panas dari pada suhu normal.


Dengan terjadinya pemanasan global, berbagai parameter iklim akan terganggu, sehingga dalam jangka panjang akan mengalami perubahan yang bersifat tetap. Perubahan iklim akan menimbulkan perubahan pada musim sehingga menjadi sulit diperkirakan. Pada beberapa bagian wilayah akan terjadi peningkatan intensitas curah hujan yang berpotensi memicu terjadinya banjir dan tanah longsor, sedang di bagian lain bisa mengalami musim kering yang berkepanjangan, karena kenaikan suhu dan turunnya kelembaban. Dampak perubahan iklim pada kehidupan di antaranya: ketahanan pangan terancam, kelangkaan air, ancaman kesehatan, degradasi lingkungan, dampak ekonomi dan dampak pada sosial politik serta budaya.

Published
2017-12-18
How to Cite
SAMIDJO, Jacobus; SUHARSO, Yohanes. MEMAHAMI PEMANASAN GLOBAL DAN PERUBAHAN IKLIM. PAWIYATAN, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 36-46, dec. 2017. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/549>. Date accessed: 19 sep. 2018.
Section
Articles