Pemahaman Konsep Geometri dan Self Confidence Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro untuk Persiapan Pelaksanaan PPL Di Sekolah

  • Sri Asnawati Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Irmawati Liliana Kusuma Dewi Universitas Swadaya Gunung Jati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self confidence mahasiswa, hubungan pemahaman konsep geometri dan self confidence mahasiswa pada mata kuliah Pembelajaran Mikro. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pada mata kuliah Pembelajaran Mikro terdapat 8 keterampilan dasar mengajar, salah satunya adalah keterampilan menjelaskan dimana mahasiswa harus dapat mengorganisasikan konsep geometri transformasi dalam tata urutan yang terencana secara sistematis, sehingga mudah dipahami oleh siswa. Perlu adanya self confidence dalam menyampaikan materi khususnya pemahaman konsep geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% diperoleh hubungan yang linier antara pemahaman konsep geometri transformasi dan self confidence mahasiswa calon guru matematika pada mata kuliah Pembelajaran Mikro. Tingkat keeratan hubungan kedua variabel berdasarkan koefisien korelasi berada pada kategori kuat yaitu 0,700. Hubungan kedua variabel tersebut menunjukkan arah positif artinya, peningkatan pemahaman konsep geometri transformasi berbanding lurus dengan self confidence mahasiswa calon guru matematika.


Kata kunci: pemahaman konsep geometri, self confidence, pembelajaran mikro.


 


ABSTRACT


This study aims to determine the level of self-confidence of students and relationship between understanding the concept of geometry and self-confidence of students in the Micro Learning subject. This research is quantitative research. In the Micro Learning subject there are 8 basic teaching skills, one of them is the skill to explain where students must be able to organize the geometry concept of transformation in a systematic order planned so that it is easily understood by students. Self confidence is needed in delivering the material, especially understanding the concept of geometry. At a significance level of 5% a linear relationship was found between the understanding of the geometry concept of transformation and the self confidence of mathematics teacher candidates in the Micro Learning subject. The relationship between the two variables based on the correlation coefficient is in the strong category, 0.700. The relationship between these two variables shows a positive relation, it means that as the understanding of geometric concept gets better, the self confidence of mathematics teacher candidates get higher.


Keywords: understanding of the concept of geometry, self confidence, micro learning subject.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, N. (2014). Analisis Kemampuan Pedagogik dan Self Confidence Calon Guru Matematika dalam Menghadapi Praktek Pengalaman Lapangan. Euclid, 1(1). Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Euclid/article/view/344

Anwar, A., & Zaki, M. (2017). Penerapan Pendekatan Problem Possing dalam Upaya Meningkatkan Self Confidance Calon Guru Matematika Universitas Samudra. Numeracy Journal, 4(2). Retrieved from http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/56

Couto, A., & Vale, I. (2014). Pre-service teachers’ knowledge on elementary geometry concepts. Journal of the European Teacher Education Network, 9(0), 57–73.

Dewi, S. N., & Minarti, E. D. (2018). Hubungan antara Self-Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189–198. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.37

Ghufron, M., & Risnawati, R. (2012). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Hoffer, A. (1981). Geometry Is More Than Proof. Mathematics Teacher, 74(1), 11–18.

Huri, S. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, 1–8.

Husnul, K. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Geometri dengan Teori Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Retrieved from http://uny.ac.id

Kartono, K. (2010). Hands On Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v1i1.219

Lina, L., & Klara, S. (2010). Panduan Menjadi Remaja Percaya Diri. Jakarta: Rosdakarya.

Lowrie, T., & Jorgensen, R. (2016). Pre-service teachers’ mathematics content knowledge: implications for how mathematics is taught in higher education. Teaching Mathematics and Its Applications: International Journal of the IMA, 35(4), 202–215. https://doi.org/10.1093/teamat/hrv008

Mayasari, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Self-Confidence Siswa dalam Pelajaran Trigonometri Kelas X SMA Negeri 1 Kota Bumi (Undergraduate). UIN Raden Intan Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/2646/

Ponte, J., & Chapman, O. (2008). Preservice mathematics teacher’s knowledge and development. In Handbook of International Research in Mathematics Education (pp. 223–261).

Riduwan, M. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. (2009). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Edisi 8. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, A., Nurcahya, A., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 799–806.

Zarkasyi, M., Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Published
2019-01-02
How to Cite
ASNAWATI, Sri; DEWI, Irmawati Liliana Kusuma. Pemahaman Konsep Geometri dan Self Confidence Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro untuk Persiapan Pelaksanaan PPL Di Sekolah. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 75-85, jan. 2019. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/706>. Date accessed: 22 jan. 2019. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.706.