Validitas Perangkat Realistic Mathematics Berbasis Kearifan Budaya Lokal Gayo

  • Bettri Yustinaningrum Program Studi Pendidikan Matematika, STAIN Gajah Putih Takengon Aceh
  • Nurmalina Nurmalina Jurusan Manajemen Pendidikan, STAIN Gajah Putih Takengon Aceh
  • Nurliana Nurliana Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, STAIN Gajah Putih Takengon Aceh

Abstract

Realistic Mathematics berbasis kearifan budaya lokal menekankan pada pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan realita dan aktivitas kebudayaan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat realistic mathematics  berbasis kearifan budaya lokal suku Gayo pada materi Geometri. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D terdiri tahap Definisi (define), mendesain (design), mengembangkan (development), dan menyebarkan (dissemination). Perangkat pembelajaran yang dibuat adalah silabus, RPP, LKS, Buku Siswa. Melalui hasil pengembangan perangkat pembelajaran diperoleh bahwa perangkat pembelajaran valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Agama. (2006). Undang-undang Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama.

OECD. (2014). Result In Focus What 15-Year Olds Know and What They Can Do With What They Know. OECD Publication.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano.
Saliman. (n.d.). Pemanfaatan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Jakarta: Depdiknas.

Soviawati, E. (2015). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SDan.

Tandililing, E. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomathematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UNY (pp. 1-10). Yogyakarta: FPMIPA UNY.

Wagiran. (2013). Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemyu hayuni Bawan (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya). Jurnal Pendidikan karakter, 1-18.

Yusmadi. (2005). Modernisasi Pesantren. Ciputat: Quantum Teaching.
Published
2018-09-28
How to Cite
YUSTINANINGRUM, Bettri; NURMALINA, Nurmalina; NURLIANA, Nurliana. Validitas Perangkat Realistic Mathematics Berbasis Kearifan Budaya Lokal Gayo. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 1, sep. 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/685>. Date accessed: 23 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v3i1.685.