Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit

  • Utti Marina Rifanti Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Herryawan Pujiharsono Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa antara mahasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran self directed learning dengan mahasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkontrol. Hasil penelitian diuji menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar mahasiswa antara mahasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran self directed learning dengan mahasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu juga digunakan analisis statistik deskriptif untuk melihat perubahan sebelum dan sesudah perlakuan. Dari hasil penelitian menggunakan uji hipotesis dan analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran self directed learning. Model pembelajaran self directed learning dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa sehingga terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelompok mahasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran self directed learning dan kelompok mahasiswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.


Kata kunci: self directed learning


ABSTRACT


This study aims to determine differences in student learning outcomes between students using self directed learning method and students using conventional method. This research is an experimental research to find the effect of certain treatment on others in controlled condition. Hypothesis testing is used to analyze the result of the research and to know the difference of student learning result. Descriptive statistical analysis is used to determine changes before and after treatment. From the results of the study showed that there are differences in student learning outcomes using self directed learning method. The self directed learning model can improve students' self-reliance so that there is a significant difference between the groups of students using self directed learning method and students using conventional method.


Keywords: self directed learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashari, N. W., & Salwah. (2018). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Directed Learning dalam Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru: Suatu Studi Literatur. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(1), 24-31.

Gibbons, M. (2002). The Self-Directed Learning Handbook. USA: John Wiley & Sons.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4(2), 219-228.

Kurnia, R. D., Ibrahim, A., & Ruskan, E. L. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Peningkatan Mutu Lulusan Alumni Fasilkom Unsri Berbasis E-learning (Studi Kasus: Matakuliah Pemrograman Web, Jurusan Sistem Informasi Fasilkom. Jurnal Sistem Informasi, 6(1).

Manggala, I. K., Suarni, N. K., & Suarjana, I. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Self-Directed Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Lab Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. Mimbar PGSD Undiksha. 1-10.

Montin, L., & Koivisto, J. M. (2014). Effectiveness of Self-Directed Learning Methods Compared with Other Learning Methods in Nursing Education Related to Nursing Students’ or Registered Nurses’ Learning Outcomes: A Systematic Review Protocol. JBI Database of Systematic Reviews & Implementation Reports. 12(2), 1-8.

Nyambe, H., Harsono, & Rahayu, G. R. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa Tahun Pertama, Kedua dan Ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 5(2), 67-77.

O’Shea, E. (2003). Self-Directed Learning in Nurse Education: A Review of The Literature. Journal of Advanced Nursing. 43(1), 62-70.

Sawitri, N. L. (2017). Kontribusi Self-Directed Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Membaca. Jurnal Santiaji Pendidikan. 7(1), 47-54.

Setyawati, S. P. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning untuk Meningkatkan Self Directed Learning Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: UNY.

Sodikin, Noersasongko, E., & Pramudi, Y. T. (2009). Jurnal Penyesuaian dengan Modus Pembelajaran untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Teknologi Informasi. 5(2), 740-754.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Afabeta. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Afabeta.

Tarmidi, & Rambe, A. R. (2010). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Directed Learning pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi. 37(2), 216-223.
Published
2018-07-16
How to Cite
RIFANTI, Utti Marina; PUJIHARSONO, Herryawan. Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 245-251, july 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/650>. Date accessed: 16 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.650.