Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

  • Yusup Ansori IKIP Siliwangi Bandung
  • Indri Herdiman IKIP Siliwangi Bandung

Abstract

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti sebelumnya, hasilnya menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa masih rendah. Rendahnya kemandirian belajar disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kemampuan siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dari penelitian ini adalah 27 siswa SMP di kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode korelasi. Penelitian diawali dengan memberikan tes berupa instrumen soal kemampuan pemecahan masalah dan angket yang dapat mengukur kemandirian belajar siswa. Selanjutnya, peneliti melakukan wawancara dengan guru yang merupakan cara mengumpulkan data dan informasi pada penelitian ini. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa memiliki kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik. Hal tersebut diperkuat dengan hasil uji korelasi 0,808. Angka tersebut menunjukkan pengaruh yang sangat kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, W. S., & Primandari, A. H. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII-A SMP N 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square, 240–254.

Ayu, A. R., Maulana, & Kurniadi, Y. (2016). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 391–400.

Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Setyadi K, E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Radiasi, 3(1), 58–62.

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Edukasi, 14, 169–178.

Diatmi, K., & Fridari, D. I. G. A. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kualitas Hidup pada Orang Dengan HIV dan AIDS ( ODHA ) Di Yayasan Spirit Paramacitta. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 353–362.

Fahradina, N., I, B., Ansari, & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 54–64.

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Universitas Negeri Malang, 6, 2.

Habibie, N. (2013). Analisis Pengendalian Intern Piutang Usaha Pada Pt Adira Finance Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 8.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Herdiman, I. (2014). Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasonal Pendidikan Matematika, 2(Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung), 309–315.

Rinny, A., & Indri, H. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19–28.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, 1(2), 17–22.

Rohmah, M. S., & Herdiman, I. (2017). Penerapan Pendekatan Brainstroming Round Robin untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa MTS Terpadu. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 6(2), 91–100.

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap kemandirian belajar siswa sma. Ifinity?: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 144–155.

Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2), 2011–2036.

Wastono, F. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Smk Pada Mata Diklat Teknologi Mekanik Dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 396–400.
Published
2018-09-17
How to Cite
ANSORI, Yusup; HERDIMAN, Indri. Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 1, sep. 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/646>. Date accessed: 23 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v3i1.646.