Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Open-Ended Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa

  • Himmatul Ulya Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muria Kudus
  • Ratri Rahayu Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muria Kudus

Abstract

Pembelajaran matematika yang terjadi selama ini belum memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan representasi matematisnya. Kemampuan representasi matematis siswa dapat ditinjau dari berbagai dimensi, salah satunya yaitu gaya kognitif. Gaya kognitif mempengaruhi siswa dalam memahami materi dan permasalahan. Selain itu, disposisi matematis sebagai salah satu kompetensi sosial juga perlu dikembangkan agar siswa gigih dalam menyelesaikan masalah, menyukai matematika, dan dapat belajar dengan penuh tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran open-ended berbasis etnomatematika ditinjau dari gaya kognitif siswa untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa yang layak digunakan. Berdasarkan uji validitas yang dilakukan oleh ahli, diperoleh nilai silabus yaitu 3,63, RPP sebesar 3,71, modul sebesar 3,74, ADM sebesar 3,86, TRM sebesar 3,83, dan pedoman wawancara sebesar 3,80. Seluruh perangkat pembelajaran dan instrumen tes termasuk pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran open-ended berbasis etnomatematika ditinjau dari gaya kognitif siswa valid digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa.


Kata kunci: disposisi matematis, gaya kognitif, open-ended, perangkat pembelajaran, representasi matematis.


ABSTRACT


Mathematics learning so far has not facilitated students to develop their mathematical representation ability. The students' mathematical representation ability can be reviewed from various dimensions, one of them is cognitive style. Cognitive style affects the students in understanding the material and the problems. Moreover, mathematical disposition as one of social competence also needs to be developed so the students persevere in solving problems, like mathematics, and can learn with full of responsibility. The purpose of this study was to develop an open-ended learning instrumens based on ethnomatematics in terms of students' cognitive style to improve mathematical representation and mathematical disposition of students which are eligible to use. Based on validity test conducted by the expert, the values of obtained syllabus, lesson plan, module, ADM, TRM, and interview guidance respectively are 3.63, 3.71, 3.74, 3.86, 3.83, and 3.80. All of learning and test instrumens included on very good criteria. Based on these results, the open-ended learning instrumens based on ethnomatematics in terms of the cognitive style of students valid to be used to improve students' mathematical representation and disposition.


Keywords: mathematical disposition, cognitive style, open-ended, learning instrumens, mathematical representation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., & Rahmat, C. (2014). Study of Ethnomathematics?: A Lesson From The Baduy Culture. Journal of Education and Research, 2(10), 681–688.

Aryanti, D., Zubaidah, & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Ke-mampuan Siswa Pada Materi Segi Empat di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–8.

Brown, E., Brailsford, T., Fisher, T., Moore, A., & Ashman, H. (2006). Reappraising Cognitive Styles in Adaptive Web Applications. Proceedings of the 15th International World Wide Web Conference (WWW’06), 327–335.

Desiyanti, T., Isrok’atun, & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 381–390.

Harsa, F. S. (2017). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Pembelajaran Matematika di Kelas X SMK. Jurnal Pelangi, 9(2), 79–87.

Hasbi, M. (2012). Pengaruh Kemampuan Trigonometri Terhadap Kemampuan Fisika Dikaitkan dengan Gaya Kognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako. Jurnal Aksioma, 1(1), 63–72.

Hernawan, A. H. (2009). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.

Kozhevnikov, M. (2007). Cognitive Styles in the Context of Modern Psychology: Toward an Integrated Framework of Cognitive Style. Psychological Bulletin, 133(3), 464–481.

Lestari, N., Hartono, Y., & Purwoko. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 81–97.

Manurung, O., & Kartono. (2016). Keterampilan Penalaran Induktif Deduktif dan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran CTL Berbasis Hands On Activity. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 155–165.

Muzdalipah, I., & Yulianto, E. (2018). Ethnomathematics Study: the Technique of Counting Fish Seeds (Osphronemus Gouramy) of Sundanese Style. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 25-40.

Permendiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 1–71.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40.

Ramadhanti, D. (2016). Penggunaan Kalimat Efektif dalam Karya Tulis Ilmiah Siswa?: Aplikasi Semantik Studi Kasus Siswa Kelasa XI SMK Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, VI(2), 167–173.

Royani, M. (2014). Karakter Jujur Dalam Pembelajaran Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari, 1(2), 1–16.

Sari, E., Somakim, S., & Hartono, Y. (2018). Etnomatematika pada Kebudayaan Rumah Adat Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 137-144.

Ulya, H. (2016). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Membangun Karakter Cinta Tanah Air dan Kreativitas Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Psikologi, 29–39.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika, 2(1), 16–23.

Wiriandi, O., Rifat, & Suratman, D. (2015). Hubungan antara Kemampuan Representasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa dalam Materi Perbandingan Trigonometri di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(5), 1–11.

Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D., & Cox, P. W. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64.

Yudhanegara, M. R., & Lestari, K. E. (2014). Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 76–85.
Published
2018-07-03
How to Cite
ULYA, Himmatul; RAHAYU, Ratri. Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Open-Ended Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 183-194, july 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/645>. Date accessed: 15 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.645.