Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa

  • Riska Riska Universitas Islam Negeri Suska Riau
  • Zubaidah Amir MZ Universitas Islam Negeri Suska Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuaan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dan kelas VIII-3 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Singingi  dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)  terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua jalan (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan untuk mengukur kemampuan awal matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)  dengan siswa menggunakan model pembelajaran langsung (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran CIRC dengan pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematis (KAM) (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh karena itu, secara umum model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari kemampuan awal pada siswa smp.

Downloads

Download data is not yet available.

References

MZ, Z. A. (2017). Metacognition Think Aloud Strategies In Setting Cooperative Think-Pair-Share/Square to Develop Students’ Math Problem Solving Ability.

DPNBPPK. (2007). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Depdiknas, 4.

Hendriana, H., Rohaeti, E., E. & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan Soft skill Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Herawati, R. F., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal pendidikan kimia (JPK), 2(2).

Khusna, A. H., Yuwono, I., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berkarakteristik Rme Materi Barisan dan Deret untuk Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 739-745.

Sari, N. M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Metode Eksplorasi. ALPHAMATH, 1(1).

Anita, Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah di SMP Negeri 1 Sipirok. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 1(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U., Dedy, E., dan Rahmat. (1994). Suatu alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Pemecahan Masgalah Matematika pada Guru dan Siswa SMA, Laporan Hasil Penelitian FPMIPA IKIP Bandung. Diakses melalui www.academia.edu [online] 30 April 2017.

Suryasubrata, S. (2005). Metodologi Penelitian.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suyitno, A. (2005). Mengadopsi Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. In Seminar Nasional FMIPA UNNES.

Tangio, N. F. (2015). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dikelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Universitas Negeri Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika.
Published
2018-07-05
How to Cite
RISKA, Riska; MZ, Zubaidah Amir. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 225-233, july 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/643>. Date accessed: 15 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.643.