Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Induksi Matematika

  • Siska Firmasari Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Herri Sulaiman Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Swadaya Gunung Jati

Abstract

Kemampuan mahasiswa dalam melakukan pembuktian matematis tidaklah sama bergantung dari kategori kemampuan kognitifnya. Salah satu metoda pembuktian matematis adalah induksi matematika yang memerlukan pemahaman konsep matematika secara sistematis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan pembuktian matematis mahasiswa yang memiliki kategori kognitif tinggi dan rendah menggunakan induksi matematika. Subjek penelitian ini adalah empat orang mahasiswa tingkat 3 Program studi Pendidikan Matematika, dengan klasifikasi dua orang mahasiswa memiliki kemampuan kognitif tinggi dan dua orang mahasiswa memiliki kemampuan kognitif rendah. instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes materi induksi matematika, dan pedoman wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mendeskripsikan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal terkait induksi matematika disesuaikan dengan kemampuan kognitif tinggi dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kategori kognitif tinggi mampu menyelesaikan setiap langkah pembuktian secara benar namun belum sistematis, sedangkan mahasiswa dengan kemampuan kognitif rendah tidak memahami alur pembuktian pada langkah induksi, kekeliruan memahami sifat distributif, dan tidak teratur menghubungkan setiap langkah pembuktian. Diharapkan melalui artikel ini dapat dianalisis lebih jauh kemampuan pembuktian matematis mahasiswa sehingga pengajar dapat memberikan perlakuan yang tepat pada saat mengajar berbagai materi matematika yang menggunakan prasyarat induksi matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiawan Y. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(1), 147–163.

Ashkenazi, Y., & Itzkovitch, E. (2014). Proof by Mathematical Induction. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences, 1(3), 186–190.

Cadwalladerolsker, T. (2011). What do We Mean by Mathematical Proof? Journal of Humanistic Mathematics, 1(1), 33-52.

Hasan, B. (1990). Proses Berpikir Mahasiswa dalam Mengkonstruksi Bukti Menggunakan Induksi Matematika Berdasarkan Teori Pemerosesan Informasi. Jurnal Apotema, 2(1), 33–40.

Hernadi, J. (2008). Metoda Pembuktian Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13.

Hidayat, H., & Maulidiyah, E. C. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Membilang Benda Sekitar. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 790 -797.

Hine, G. (2017). Proof By Mathematical Induction: Professional Practice For Secondary Teachers. Capital Maths: Proceedings of The 26th Biennial Conference of The Australian Association of Mathematics Teachers Inc, 117-124.

Kartini., & Suanto, E. (2015). Analisa Kesulitan Pembuktian Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real. Prosiding Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak, 189-199.

Ma’sum, A. (2011). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jombang: STKIP PGRI, 1–8.

Michaelson, M. T. (2004). Mathematical Induction. Australian Senior Mathematics Journal, 22(2), 57–62.

Miksalmina. (2012). Penerapan Induksi Matematika dalam Pembuktian Matematika. Jurnal Visipena, 3(2), 69-75.

Perera, A.A.I., & Samarasiri, D.G.T.K. (2011). Mathematical Induction and Graph Coloring. Journal of Mathematics Trends and Technology, 2(2), 18–25.

Sukholifah. (2014). Kemampuan Kognitif Siswa Menurut Gagne pada Materi Himpunan Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mathedunesa, 3(2), 97–102.

Tarhadi., Sugilar., & Pujiastuti, S.L. (2006). Perbandingan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh dengan Mahasiswa Pendidikan Tatap Muka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 121-133.

Taufik, A. (2016). Diagnosis Kesulitan Mahasiswa. Jes-Mat, 2(1), 41–54.
Published
2018-09-04
How to Cite
FIRMASARI, Siska; SULAIMAN, Herri. Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Induksi Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 1, sep. 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/642>. Date accessed: 19 sep. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v3i1.642.