Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran

  • Imaniar Ramadhan IKIP Siliwangi Bandung
  • Eva Dwi Minarti IKIP Siliwangi Bandung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa SMP dalam menyelesaikan soal lingkaran. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IX dari salah satu SMP Negeri di Cimahi tahun ajaran 2017/2018. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, digunakan 6 tes soal uraian kemampuan komunikasi matematik dan wawancara. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa  kemampuan komunikasi matematik siswa belum mencapai hasil yang maksimal terutama pada kemampuan mejelaskan ide, situasi matematik secara tulisan dengan gambar, dan aljabar; kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa simbol matematika, dan kemampuan membuat konjektur, menyusun argumen dan generalisasi, serta membuat pertanyaan tentang matematika yang telah dipelajari. Penyebab siswa belum memiliki kemampuan komunikasi matematik yang baik adalah siswa menganggap menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan itu merupakan hal yang tidak penting. Siswa kurang memahami konsep dasar dalam melakukan proses operasi hitung baik dalam bentuk aljabar maupun operasi hitung matematika yang lain. Siswa cenderung ceroboh dalam mengerjakan soal karena ingin cepat selesai dan kurangnya konsep pemahaman mengenai materi lingkaran.


Kata kunci: kemampuan komunikasi matematik, materi lingkaran.


ABSTRACT


This study aims to analyze the mathematical communication ability of junior high school students in solving circle problems. The research subjects are ninth grade students from one of State Junior High School at Cimahi in the academic year 2017/2018. The method of this research is qualitative descriptive. The data are obtained from the analysis of 6 mathematical communication skill tests and interview. Based on the result of the research, it can be concluded that the students’ mathematical communication ability has not achieved optimal results, especially in the ability to explain ideas, mathematical situation in writing with pictures, and algebra; the ability to express everyday events in the language of mathematical symbols; and the ability to make conjectures, to formulate arguments and generalizations, and to form a questions based from the previous topics have been learned. The students do not have a good mathematics communication ability because they assume that writing down anything given and asked is not important. Students do not understand the basic concept of algebraic operation or other mathematical operations. Students tend to be careless in working because they want to finish quickly and they need better concept to understand the circle topics.


Keywords: mathematical communication ability, circle topics.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir, A., & Achadiyah, N. L. (2009). Pembelajaran keliling dan luas lingkaran dengan strategi REACT pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Mojokerto.

Dilla, S., Hidayat, W., & Rohaeti, E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129-136.

Fitriyani K. (2009). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Matematika Bentuk Uraian Pada Pokok Bahasan Persamaan Dan Pertidaksamaan Kuadrat Kelas X Semester 1 Sma Negeri 1 Guntur. In Skripsi. lib.unnes.ac.id.

Hendriana H., Rohaeti EE., Sumarmo U. (2017). Hard Skill Dan Soft Skills Matematik Siswa : Refika Aditama. Bandung

Minarti, E. D., & Nurfauziah, P. (2018). Pendekatan Konsturktivisme Dengan Model Pembelajaran Generatif Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis serta Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Di Kota Cimahi. P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 68-83.

Nayazik, A. (2017). Pembentukan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model IsDEAL Problem Solving Dengan Teori Pemrosesan Informasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 182-190.

Ningrum, L. S. (2013). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XII SMA Al-Islam 3 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Noviyanti, M. (2017). Kemampuan Komuniksai Matematis Siswa Smp Kanisius Gayam Yogyakarta Kelas Vii C Dalam Konteks Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Pp. 1–168 In Skripsi.

Nurianti, E., & Ijudin, R. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar Dikelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9).

Rizqi, A., Suyitno, H., & Sudarmin, S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17-23

Sumarni. (2014). Penerapan Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematis Serta Self Regulated Learning Matematika Siswa. Pp. 122–44 In Skripsi. Respository.Upi.Edu.

Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.

Wahyuni, H., Hudiono, B., & Suratman, D. (2014). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat di SMPN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(12).

Widyatari, R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Komunikasi Matematika. Pp. 1–14 In Skripsi. Eprints.Ums.Ac.Id.

Windari F., Dwina F., & Suherman. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 3(2): 25–28.
Published
2018-07-02
How to Cite
RAMADHAN, Imaniar; MINARTI, Eva Dwi. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 151-161, july 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/624>. Date accessed: 21 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.624.