Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Statistika pada Peserta Didik Kelas XI TP3RP SMK Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Hendy Nugroho SMK N 1 Kendal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi Statistika dengan menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI kompetensi keahlian Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio dan Pertelevisian (XI TP3RP) SMK Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 31 peserta didik. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar peserta didik. Sedangkan observasi, angket, dan wawancara dilakukan untuk mengetahui motivasi peserta didik. Untuk menginterpretasikan data digunakan metode statistika sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasakan hasil observasi, rata-rata motivasi meningkat dari 71% pada siklus pertama menjadi 83% pada siklus kedua. Sedangkan berdasarkan hasil angket, motivasi kategori tinggi dan sangat tinggi meningkat sebanyak 73% pada siklus pertama menjadi 80% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil tes, banyaknya peserta didik yang tuntas (mencapai KKM) pada siklus pertama dan siklus kedua mencapai 33%.


Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), motivasi, prestasi.


Abstract


This research aims to describe the increasing of motivation and achievement of mathematics learning in Statistics materials by applying Realistic Mathematics Education (RME) learning model. The research is a classroom action research. The subjects of the research were 31 IX grade students of Techniques of Radio and Television Broadcasting and Program (XI TP3RP) SMK Negeri 1 Kendal 2015/2016. Research activities are conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementation and observation, and reflection. Data were collected through written test to measure learners' learning achievement. While the observations, questionnaires, and interviews were done to determine the motivation of learners. Simple statistical methods are used to interpret the data. The results showed that based on observations, the average motivation increased from 71% in the first cycle to 83% in the second cycle. While based on the questionnaire, high and very high category motivation increased by 73% in the first cycle to 80% in the second cycle. The number of students who complete (reach KKM) in the first cycle and the second cycle reached 33%.


Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), motivation, achievement.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, W. P., Nissa, I. C., & Abidin, Z. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 5(1), 136-140.

Daryanto & Tasrial. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.

Depdikbud. (1999). Bahan Pelatihan Penelitian Tidakan (Action Research). Jakarta.

Faridah. (2012). Peningkatan Motivasi Belajar Standar Kompetensi Menyelesaikan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Melalui Metode Penugasan Bentuk Portofolio dan Ketrampilan Proses Pada Kelas X Akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Kendal Tahun 2012. Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas.

Uno, H., B. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Jamil, M. (2015). Pendekatan RME Berbantuan Media Kertas Berpetak Materi Luas Bangun Datar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Disertasi dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Kesumawati, N. (2014). Realistic Mathematics Education Of Indonesia, Mathematically Disposition, and Mathematically Creative Thinking of Junior High School. In International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education. Departement of Mathematics Education Faculty of Mathematics and Natural Science Yogyakarta State University.

Lestari, A. (2014). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materisoal Cerita Tentang Himpunan Di Kelas VII MTs N Palu Barat. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1).

Ngalim Purwanto. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sari, D. V., Rezeki, S., & Wahyuni, R. (2017). Pengaruh Realistic Mathemtics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru. AKSIOMATIK, 3(1), 6-12.

Searle, J., & Barmby, P. (2012). Evaluation Report on the Realistic Mathematics Education Pilot Project at Manchester Metropolitan University. Durham: Durham University.

Subekti, E. (2015). Penerapan model Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 1 Kromengan pada Materi Segiempat dan Segitiga. Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 1 Kromengan pada Materi Segiempat dan Segitiga/Elok Subekti.

Sumitro, N. K. (2008). Pembelajaran matematika Realistik Untuk Pokok Bahasan Kesebangunan di Kelas 3 SMP Negeri 3 Porong. Paradigma, 8, 204-218.

Suwarni, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Perbandingan dan Skala melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 58-65.

Teguh Prasetyo Nugroho. (2013). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas V MI Al Iman Tambakrejo Tempel Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Obiarta, N., Sudiana, I. W., & Rasana, I. D. P. R. (2014). Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2014). Realistic Mathematics Education. S. Lerman (ed), Encyclopedia of Mathematics Education. Springer Science+ Business Media Dordrecht. DOI, 10, 978-94.

-. 2015. Permendikbud Nomor 60 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta.

Yuanita, P., & Zakaria, E. (2016). The Effect of Realistic Mathematics Education (RME) Implementation to Mathematics Belief, Mathematics Representative and Mathematics Problem Solving. Advanced Science Letters, 22(8), 1989-1992.
Published
2018-07-05
How to Cite
NUGROHO, Hendy. Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Statistika pada Peserta Didik Kelas XI TP3RP SMK Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 213-223, july 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/620>. Date accessed: 21 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.620.