Pendekatan RME Berbantuan Alat Peraga Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Sambiroto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Sambiroto menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan alat peraga manipulatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan 32 orang siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pendekatan RME berbantuan alat peraga manipulatif. Sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan komunikasi matematika siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengajar guru dengan pendekatan RME berbantuan alat peraga manipulatif pada siklus I sebesar 2,91 (kriteria “Baik”) meningkat di siklus II 3,51 (kriteria ”Sangat Baik”), adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 2,85 (kriteria “Baik”) menjadi 3,18 (kriteria “Sangat Baik”) pada siklus II, terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada siklus I sebesar 75% dengan kriteria baik menjadi 84,37% dengan kriteria sangat baik pada siklus II.


Kata kunci: pendekatan RME, komunikasi matematika, luas trapesium dan layang-layang.


ABSTRACT


The purpose of this research is to improve the student’s mathematics communication ability on fifth grade SD Sambiroto by using RME approach with manipulative media. This research is a classroom action research. The subjects are the teacher and 32 students. The research consists of 2 cycles, that is cycle I and cycle II. Each cycle consists of four steps: plan, action, observation, and reflection. The independent variable in this research is Realistic Mathematic Education approach with manipulative media, while the dependent variable is the mathematics communication ability. Data was collected by interview techniques, observation, tests, and documentation. The data analysis of the research was quantitative and qualitative analysis. The result shows that the teacher teaching skill with RME approach assisted by manipulative media was improved from 2.91 (Good criteria) on cycle I to 3.51 (Very Good criteria) on cycle II, the student learning activity is increasing from 2,85 (Good criteria) on cycle I to 3,18 (Very Good criteria) on cycle II, and there was an improvement of student’s mathematics communication ability from 75% (Good criteria) on cycle I to 84.37% (Very Good criteria) in cycle II. 


Keywords: RME approach, communication ability, the are of trapezoid and kite.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshari, H. (2017). Pengaruh Pendekatan Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Self-Efficacy Siswa SMP Taman Harapan Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

BSNP. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Cantu, L. L., & Herron, J. D. (1978). Concrete and formal Piagetian stages and science concept attainment. Journal of Research in Science Teaching, 15(2), 135-143.

Fahradina, N., B. L. Ansari, & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1): 55.

Fitri, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri di Sibolga (Doctoral Dissertation, Unimed).

Ghazi, S. R., & Ullah, K. (2015). Concrete operational stage of Piaget’s cognitive development theory: An implication in learning general science. Gomal University Journal of Research [GUJR], 31(1).

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran matematika humanis dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Infinity Journal, 1(1), 90-103.

Ibrahim, & Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Nayazik, A., & Wahyuni, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Model Ideal Problem Solving dalam Aspek Grammatical dan Sosiolinguistik. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 107-114.

Nilasari, I. L. (2017). Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V SD Al Ikhlash Lumajang pada Materi Volume Kubus. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Pembnelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V SD Al Ikhlash Lumajang pada Materi Volume Kubus/Inggit Latih Nilasari.

Runtukahu, J Tombokan dan Kandou, Selpius. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional-isme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Winarni, Endang Setyo dan Sri Harmini. (2012). Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yumarlin, M. Z. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik, 3(1), 75-84.

Zuliana, E. (2010). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII B MTsN Kudus Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Kartu Masalah Kubus dan Balok. Refleksi Edukatika, 1(1), 17-33.

Zuliana, E. (2017). Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan Peraga Manipulatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Zuliana, E., Setyawan, F., & Veloo, A. (2017). Helping students mathematical construction on square and rectangle’s area by using Sarong motive chess. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 943, No. 1, p. 012058). IOP Publishing.

Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2014). Realistic mathematics education. In Encyclopedia of mathematics education (pp. 521-525). Springer Netherlands.
Published
2018-07-05
How to Cite
KANASTREN, Oktavera Riri; BINTORO, Henry Suryo; ZULIANA, Eka. Pendekatan RME Berbantuan Alat Peraga Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Sambiroto. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 195-204, july 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/609>. Date accessed: 21 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.609.