Etnomatematika pada Kebudayaan Rumah Adat Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan

  • Eka Fitri Puspa Sari Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang
  • Somakim Somakim Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya
  • Yusuf Hartono Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kajian pendidikan matematika yang berhubungan dengan etnomatematika pada rumah adat ogan Komering Ulu di Provinsi Sumatera Selatan. Seperti halnya dengan kota-kota besar di Indonesia yang mempunyai budaya beragam, Ogan Komering Ulu mempunyai ragam kekayaan sejarah dan budaya yang sangat menakjubkan. Salah satu peninggalan tersebut adalah arsitektur tradisional rumah ogan komering ulu. Beberapa rumah tradisional tersebut telah berumur lebih dari 50 tahun serta menyimpan nilai sejarah, budaya dan arsitektur yang belum sepenuhnya terungkap dengan jelas. Rumah ogan komering ulu mempunyai bangunan tipe spesifik yaitu limas, kemudian ada beberapa motif hiasan rumah atau ukiran yang berbentuk geometri.


Kata kunci: etnomatematika, rumah adat, geometri.


 


ABSTRACT


This is a literature study of mathematics education related to ethnomatematics in traditional house of Komering Ulu in southern sumatera province. Like the other big cities in indonesia that have diverse culture, Ogan Komering Ulu also has an incredible variety of historical and cultural riches. One such relic is the traditional architecture of the house ogan komering ulu. Some of the traditional houses are over 50 years old and store historical, cultural and architectural values that have not been fully revealed. Rumah ogan komering ulu has a specific type of building that is pyramid, then there are some motifs of home decoration or engraving in the form of geometry.


Keywords: ethnomatematics, traditional houses, geometry.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balitbang. (2015). Survei Internasional TIMSS. Diunduh dari http:// litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss tanggal 24 November 2017.

Haryanto, H., Nuham, D., Nusantara, T., Subanji, S., & Rahardjo, S. (2017, July). Etnomatematika Arfak (Papua Barat-Indonesia): Operasi Bilangan pada Perniagaan Masyarakat Arfak Masa Lalu. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 1, No. 1, pp. 288-292).

Hayati, S. D. (2013). Mendikbud: Kurikulum Baru Mengacu Hasil PISA dan TIMSS. Tersedia pada http://www.jurnas.com/news/83 662.

D’Ambrosio, U. (2016). An overview of the history of Ethnomathematics. In Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program (pp. 5-10). Springer International Publishing.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal Of Medives, 1(2), 74-81.

Owens, K. (2014). Diversifying Our Perspectives on Mathematics about Space and Geometry: An Ecocultural Approach. International Journal of Science & Mathematics Education, 12(4).

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia Pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Penerapan MIPA, Tanggal Mei 18, 2013. Universitas Negeri Yogyakarta.

Siswanto, A. dkk. (1998). Analisis Aspek Arsitektur dan Konstruksi Bangunan Lamban Tuha Tipikal Rumah Ulu yang Tahan Gempa di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Hasil Penelitian, tidak dipublikasikan.

Suryanegara, E. (2005). Rumah Ulu Komering. http://majour. maranatha.edu/index.php/ambiance/article/download/562/548.

Susanti, E. (2016). Pengembangan Soal Matematika Tipe Timss Menggunakan Konteks Rumah Adat Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 53-74.

Rizta, A., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2013). Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Matematika SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 230-240.

Widyawati, W., & Putri, R. I. I. (2016). Desain Pembelajaran Sudut Menggunakan Konteks Rumah Limas di Kelas VII. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 437-448.

Zulkardi, & Ilma, R. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIII.
Published
2018-01-06
How to Cite
SARI, Eka Fitri Puspa; SOMAKIM, Somakim; HARTONO, Yusuf. Etnomatematika pada Kebudayaan Rumah Adat Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 137-144, jan. 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/557>. Date accessed: 10 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.557.