Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA

  • Siska Chindy Dilla Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung
  • Wahyu Hidayat Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung
  • Euis Eti Rohaeti Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang pengaruh positif dari faktor gender dan resiliensi matematis dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMA di Bandung dengan sampel dipilih siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas di suatu SMA Swasta di Bandung sejumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis berupa soal uraian sebanyak 4 soal, sedangkan instrumen nontes untuk mengukur tingkat resiliensi matematis berupa skala dalam kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Analisis Kovarian (Ancova). Hasil penelitian ini menunjukkan pada tingkat kepercayaan 95% terdapat hubungan positif faktor gender dan resiliensi matematis siswa terhadap pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Nilai Koefisien Determinasi Berganda R Squared yang diperoleh sebesar 0,866 yang berarti 86,6% dari pencapaian kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh faktor gender dan resiliensi siswa. Sisanya 13,4% dipengaruhi oleh faktor lain.


Kata kunci: berpikir breatif matematis, gender, resiliensi matematis


 


ABSTRACT


This study aims to find out in depth about the positive effects of gender factors and mathematical resilience in the achievement of mathematical creative thinking ability of high school students. This research uses correlational method with quantitative approach. The population of this study is all of high school students in Bandung and the sample is one selected XII grade high school students in a private high school in Bandung with 33 students. The instrumen used in this research is a test to measure mathematical creative thinking ability by using 4 essays. While the nontest instrumen that is used to measure the level of mathematical resilience is in the form of questionnaire with scale. Data analysis used in this research is Covariance Analysis test (Ancova). By using 95% confidence level, this study shows that there is a positive relationship between gender factors and mathematical resilience of students to the achievement of mathematical creative thinking ability of high school students. The value of Multiple Determination Coefficient or R Squared equals to 0.866. It means that 86.6% of the achievement of students' mathematical creative thinking ability is influenced by gender factors and mathematical resilience, while the remaining 13.4% is influenced by other factors.


Keywords: Gender, Mathematical Creative Thinking, Mathematical Resilience

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2016). Profil Penalaran Deduktif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Perbedaan Gender. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 8–21.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91–99.

Geary, D. C., Saults, S. J., Liu, F., & Hoard, M. K. (2000). Sex Differences in Spatial Cognition, Computational Fluency, and Arithmetical Reasoning. Journal of Experimental Child Psychology, 77(4), 337–353.

Goodchild, S., & Grevholm, B. (2009). An Exploratory Study of Mathematics Test Results: What is the Gender Effect? International Journal of Science and Mathematics Education, 7(1), 161–182.

Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–28.

Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2010). Mathematical Resilience. Mathematics Teaching, 218, 38–41.

Komala, E. (2017). Mathematical Resilience Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I Menggunakan Pendekatan Explisit Instruction Integrasi Peer Instruction. Jurnal Mosharafa, 6(3), 357–364.

Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2017). Kecemasan Matematika Siswa SMA Berdasarkan Gender. Journal of Medives, 1(2), 92–99.

MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15–31.

Nurmaliah, C. (2013). Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa SMP Negeri di Kota Malang Berdasarkan Kemampuan Awal, Tingkat Kelas, dan Jenis Kelamin. Jurnal Biologi Edukasi, 1(2), 18–21.

Nurmasari, N., Kusmayadi, T. A., & Riyadi, R. (2014). Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas XI Ipa SMA Negeri 1 Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(4), 351–358.

Purwanti, K. L. (2013). Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan Pada Siswa Kelas I. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 9(1), 107–122.

Rahman, R. (2012). Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Infinity Journal, 1(1), 19–30.

Rodarte-Luna, B., & Sherry, A. (2008). Sex differences in the Relation Between Statistics Anxiety and Cognitive/Learning Strategies. Contemporary Educational Psychology, 33(2), 327–344.

Rohaeti, E. E. (2010). Critical and Creative Mathematical Thinking of Junior High School Student. Educationist Journal, 4(2), 99–106.

Weaver-Hightower, M. (2003). The “Boy Turn” in Research on Gender and Education. Review of Educational Research, 73(4), 471–498.

Zhu, Z. (2007). Gender Differences in Mathematical Problem Solving Patterns: A review of Literature. International Education Journal, 8(2), 187–203.
Published
2018-01-01
How to Cite
DILLA, Siska Chindy; HIDAYAT, Wahyu; ROHAETI, Euis Eti. Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 129-136, jan. 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/553>. Date accessed: 21 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553.