Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Concept Attainment Model (CAM) untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP

  • Eka Jihadah Syaspasbandah Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang
  • Hendra Syarifuddin Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang
  • Jasrial Jasrial Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Concept Attainment Model (CAM) yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar dan aktivitas peserta didik SMP kelas VIII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengikuti prosedur pengembangan Model Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan atau pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Uji validitas perangkat pembelajaran dilakukan oleh lima orang ahli dari bidang matematika, teknologi pendidikan, dan bahasa Indonesia. Pengujian kepraktisan perangkat pembelajaran diukur dari tiga hal yaitu: keterlaksanaan perangkat pembelajaran, respon peserta didik, dan respon guru. Untuk menilai efektifitas perangkat pembelajaran, dilakukan dengan mengumpulkan data melalui pengamatan terhadap aktivitas belajar matematika peserta didik selama kegiatan pembelajaran dan nilai tes hasil belajar matematika peserta didik. Hasil pegujian tersebut mengidentifikasi bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis CAM yang dikembangkan dinyatakan valid menurut para ahli, praktis berdasarkan guru dan peserta didik sebagai pengguna, dan efektif terlihat dari aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran yang mengalami peningkatan.


Kata kunci: penelitian pengembangan, Concept Attainment Model, hasil belajar, aktivitas belajar, Model Plomp


 


ABSTRACT


This research is development research aims to produces mathematics learning equipment based on valid, practical, and effective CAM for learning outcome and students activity of VIII grade junior high school. The developed learning equipment uses the procedure of Plomp Model that consists of 3 stages, they are preliminary research, development or prototyping phase, and assessment phase. Validity test of learning equipment is done by 5 experts from mathematics, eduaction technology, and indonesian language. Practical learning equipment test is measured by 3 points, they are the continuity of learning equipment, response of students, and response of teachers. To assess the effectiveness of learning equipment, we use to collect data from student activity observation during learning process and mathematics test results. Those tests identifies that mathematics learning equipment through CAM-based is valid according to the experts, practical based on the teacher and student as the user, and effective based on the increasing of student activity during learning process.


Keywords: Development Research, Concept Attainment Model, Learning Result, Learning Activity, Plomp Model

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, C. F., & Sulistiyo, E. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Concept Attainment Pada Mata Pelajaran Memperbaiki Sistem Penerima Televisi Siswa Kelas XI-TAV SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2).

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching (Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan). Terjemahan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza.

Mustamin, A. (2005). Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep. Kendari: Lembaga Kajian Pengembangan Pendidikan Universitas Haluoleo.

Nivera, G. (Ed.). (2013). Curriculum and Instruction: The Teaching of Mathematics. Department of Education: Teacher Education Council.

Plomp, T & N. Nieveen. (2013). Educational Design Research. Enschede: Netherland Institute for Curriculum Development (SLO).

Prabhakaram, K. S. (1998). Concept Attainment Model in Mathematics Teaching. Discovery Publishing House.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Riza, A. (2013). Extended Worksheet Developed According to 5E Model Based on Constructivist Learning Approach. International Journal on New Trends in Education and Their Implications (IJONTE), 4(4).

Sa’diyah, H., & Indrawati, I. (2015). Model Pembelajaran Concept Attainment disertai Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPA-Fisika di SMP (Studi Eksperimen pada Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Fisika). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3).

Santoso, D. H. (2015). Efektifitas Model Pengajaran Pencapaian Konsep pada Materi Operasi Bentuk Aljabar terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Kediri. Kediri: UN PGRI Kediri.
Sood, V. (2013). Effect of Mastery Learning Strategies on Concept Attainment in Geometry among High School Students. International Journal of Behavioral Social and Movement Sciences, 2(2).

Widiastuti, W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Himpunan di MTS. Nurul Hasanah Pengawu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1).

Winasmadi, P. A. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Concept Attainment berbantuan CD Interkatif pada Materi Segitiga Kelas VII. JPP, 1(2).
Published
2018-01-01
How to Cite
SYASPASBANDAH, Eka Jihadah; SYARIFUDDIN, Hendra; JASRIAL, Jasrial. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Concept Attainment Model (CAM) untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 87-98, jan. 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/530>. Date accessed: 21 sep. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.530.