Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus

  • Ratni Purwasih Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung
  • Sarah Isnaeni Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung
  • Lailatul Fajriyah Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung
  • Evi Sri Risky Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung
  • Wahyu Hidayat Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran dan kemandirian belajar  pada materi persamaan garis lurus siswa SMP. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Cimahi pada kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2017-2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII  SMP Negeri 5 Cimahi  pada materi Persamaan Garis Lurus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen berupa tes soal uraian dan angket kemandirian belajar. Hasil penelitian didapat kesimpulan: (1) tingkat kemampuan penalaran matematis siswa dalam penyelesaian masih level rendah; (2) kesulitan siswa pada umunya belum memahami soal dan prakonsep masih rendah; (3) siswa belum tertanam rasa belajar secara mandiri.


This study aims to analyze the ability of reasoning and self-regulated learning on the material of equations of straight lines of junior high school students. This research method using qualitative descriptive method. This research is conducted in SMP Negeri 5 Cimahi in Grade VIII of academic year 2017-2018. The population of this study is the students of class VIII SMP Negeri 5 Cimahi who have studied the material of the equation of straight line. The subject of the research is the students of class VIII E. To obtain the research data used the instrument in the form of test description and questionnaire self-regulated learning. The results of the research concluded: (1) the level of students' mathematical reasoning ability in the problem solving is still low level; (2) students' difficulties in general have not understood the problem and the preconception is still low; (3) students have not embedded the sense of learning independently.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, W., & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematik serta Kemandirian Belajar: Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write. Jurnal Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-14.

Himmah, W. I. (2017). Analisis Belief Matematik Siswa Tingkat SMP. Journal of Medives, 1(1), 49-58.

Kusumah, Y. S. (2011). Literasi Mtematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA, 1-11. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Prees.

Lestari, S. (2017). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. Journal of Medives, 1(2), 150-157.

Purwasih, R. (2016). Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Personalized System Of Instruction. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. Tanggal 6 Desember 2016.

Riyanto, B., & Siroj, R, A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Kontruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Sari, I. P., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6 (1), 39-46.

Sariningsih, R.,& Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4 (1), 163-177.

Sugandi, A. I. (2010). Mengembangkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Belajar Koopertaif JIGSAW. Disertasi pada Sekolah pascasarjana UPI. Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana UPI. Bandung : Tidak dipublikasikan.

Sumarmo, U. (2013). Berfikir Dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UPI.

Sumarmo, U. (2016). Pedoman Pemberian Skor Pada Beragam Tes Kempuan Matematika. Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika. Program Magister Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung.

Qohar, A. (2010). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Reciprocal Teaching. Sebagian disertasi pada Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, tidak dipublikasi.
Published
2018-01-01
How to Cite
PURWASIH, Ratni et al. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 107-116, jan. 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/528>. Date accessed: 16 jan. 2018.