Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) sebagai Upaya Mengatasi Miskonsepsi Matematis Siswa

  • Asri Gita Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Surya Tangerang
  • Nerru Pranuta Murnaka Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Surya Tangerang
  • Klara Iswara Sukmawati Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Surya Tangerang

Abstract

Kesalahan dalam memahami konsep menjadi salah satu faktor yang menyebabkan miskonsepsi pada pelajaran matematika. Miskonsepsi pada materi bangun datar disebabkan oleh cara belajar siswa yang hanya menghafalkan bentuk dasar tanpa memahami hubungan antar bangun datar dan sifat-sifatnya. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi miskonsepsi tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran konstruktivis. Salah satu model pembelajaran konstruktivis adalah Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) sebagai upaya mengatasi miskonsepsi matematis siswa pada materi sifat-sifat bangun datar segiempat. Subjek penelitian adalah 12 orang siswa SMP yang mengalami miskonsepsi pada materi sifat-sifat bangun datar segiempat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, video, observasi, dan wawancara. Validitas dan reliabilitas data melalui credibility, dependability, transferability, dan confirmability. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) yang terdiri dari fase individu, fase kelompok triplet, dan fase interpretasi seluruh kelas dapat mengatasi miskonsepsi siswa pada materi sifat-sifat bangun datar segiempat. Perubahan miskonsepsi siswa juga dapat dilihat dari nilai tes yang mengalami peningkatan nilai berdasarkan nilai tes awal dan tes akhir siswa.


Kata Kunci: Conceptual Understanding Procedures (CUPs), miskonsepsi, segiempat.


 


ABSTRACT


Mistakes in understanding the concept became one of the factors that led to misconceptions in mathematics. The misconceptions in plane shapes are caused by the way of learning of students who only memorize the basic form without understanding the relationship between the plane shapes and its properties. Efforts made in overcoming these misconceptions is to apply constructivist learning. One of the constructivist learning models is Conceptual Understanding Procedures (CUPs). The purpose of this research is to know the application of conceptual learning model Conceptual Understanding Procedure (CUPs) as an effort to overcome students' mathematical misconception on the properties of quadrilateral. Research subjects were 12 students who experienced misconceptions on the properties of quadrilaterals. Data collection was conducted through test, video, observation, and interview. Validity and reliability of data through credibility, reliability, transferability, and confirmability. The results of this study indicate that the application of learning models. Comprising individual phases, triplet group phases, and all-class interpretation phenomena can overcome student misconceptions on quadrilateral properties. Changes in student misconceptions can also be seen from tests that have improved


Keywords: Conceptual Understanding Procedures (CUPs), misconception, quadrilateral.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Z., & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja.

Denscombe, M. (2010). The Good Research Guide for Small-Scale Social Research Projects (Fourth ed.). England: Open University Press.

Farida, A. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Terhadap Simbol dan Istilah Matematika Pada Konsep Hubungan Bangun Datar Segiempat Melalui Permainan dengan Alat Peraga. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) (pp. 286-295). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hellen, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (Eighth ed.). New York: McGraw Hill Companies Incorporate.

Gustone, D., McKittrick, B., & Mulhall, P. (1998). CUP - A Procedures for Developing Conceptual Understanding. PEEL Conference (p. 41). Australia: Monash University.

Iskandar, S. M. (2015). Pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis Konstruktivis. Malang: Media Nusa Creaticve.

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematic. Washington, DC: National Academy Press.

Leinhardt, G., Zalslavsky, O., & Stein, M. K. (1990). Function, Graphs, and Graphing. Review of Educational Research, 1-64.

McKittrick, B., & Mulhall, P. (2002). Conceptual Understanding Procedures (CUPs). PEEL Conference, 54.

McKittrick, B., Mulhall, P., & Gunstone, R. (1999). Improving Understanding in Physics: an Effective Teaching Procedure. Australian Science Teacher, 45(3), 27-33.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. USA: SAGE Publication.
Mills, D., McKittrick, B., Mulhall, P., & Feteris, S. (1999). CUP: Cooperative Learning That Works. Teaching Physics, 11-16.

Mulhall, P., & McKittrick, B. (2014, November 1). Science Education Research Group. Retrieved November 11, 2016, from http://monash.edu/scienceeducation/2015/resources/conceptual-understanding-procedure/

Ryan, J., & Williams, J. (2007). berjudul Children Mathematics 4-15: Learning from Error and Misconception. England: Open University Press.

Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Singaraja: Graha Ilmu.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Savitri, M. E., Mardiyana, & Subanti, S. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Pecahan dalam Bentuk Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 401-413.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Subijakto, F. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Konstruktivisme dengan Pendekatan Konflik Kognitif dan Miskonsepsi Fisika Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal)(Vol. 4, pp. SNF2015-I).
Published
2018-01-01
How to Cite
GITA, Asri; MURNAKA, Nerru Pranuta; SUKMAWATI, Klara Iswara. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) sebagai Upaya Mengatasi Miskonsepsi Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 65-76, jan. 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/521>. Date accessed: 15 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.521.