Pembelajaran Matematika pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi

  • Ari Irawan Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Chatarina Febriyanti Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana proses pembelajaran yang terjadi pada anak autis berkategori sedang dan rendah di sekolah inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah survey eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan pengamatan langsung. Pengolahan data berupa analisis dari hasil wawancara dan pengamatan. Lokasi penelitian berada di SD Lentera Insan Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak autis yang berkategori sedang dan rendah dapat mengikuti proses pembelajaran dikelas bergabung dengan anak reguler. Pembelajaran matematika yang diberikan juga memiliki tingkat kesulitan materi yang lebih sederhana atau yang biasa disebut sebagai kurikulum adaptasi. Anak autis juga diberikan kurikulum tambahan berupa pengembangan kurikulum individual dengan anak berkebutuh khusus dilatih untuk dapat lebih mandiri. Selain itu kurikulum juga diberlakukan untuk anak bersosialisasi.


Kata kunci: pendidikan inklusi, autis, pembelajaran matematika.


 


ABSTRACT


This study aims to reveal the process of learning that occurs in autistic children with special needs in medium and low achiever in inclusive school. The research method used was survey exploratory with a qualitative approach. The research location is in SD Lantera Insan District of Cimanggis Depok. The results show that the middle and low achiever of autistic children can follow the learning process along with the regular children. Mathematics content for those children is less difficult with simplified material or commonly referred to curriculum adaptation. Children with autism also given an additional form of curriculum development where children with special needs curriculum individual specially trained to be more independent. Besides the curriculum also apply for children to socialize.


Keywords: inclusive education, autism, mathematics learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R. R. (2013a). Persepsi orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus (deskripso kauntitatif di SDLB N 20 Nan Balimo Kota Solok). E-Jupekhu, 2(1), 258–265.

Anggraini, R. R. (2013b). Persepsi orangtua terhadap anak berkebutuhan khusus (deskriptif kuantitatif di SDLB N.20 Nan Balimo Kota Solok). Junal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 258–265.

Astuti, W. (2015). Pembelajaran Matematika Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusif Sdn Benua Anyar 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. IAIN Antasari Banjarmasin, Banjarmasin.

Fitria, R. (2012). Proses pembelajaran dalam setting inklusi di sekolah dasar. E-Jupekhu, 1(1), 90–101.

Kurdi, F. N. (2009). Strategi dan teknik pembelajaran pada anak dengan autisme. Forum Kependidikan, 29(1), 14–25.

Rachmayanti, S., & Zulkaida, A. (2011). Penerimaan diri orangtua terhadap anak autisme dan peranannya dalam terapi autisme. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 7–17.

Runcharoen, S. (2014). The Development of Social Interaction of Children with Autism in Inclusive Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4108–4113.

Senjaya, A. J. (2017). Analisis Gaya Belajar Siswa Tunagrahita Ringan Materi Perkalian di Sekolah dan di Rumah. Journal of Medives, 1(1), 1-8.

Widajati, W., & Alfinina, B. (2013). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Anak Autis. Pendidikan Luar Biasa, 9(1), 26–34.

Yada, A., & Savolainen, H. (2017). Japanese in-service teachers’ attitudes toward inclusive education and self-efficacy for inclusive practices. Teaching and Teacher Education, 64, 222–229.

Yates, K., & Le Couteur, A. (2016). Diagnosing autism/autism spectrum disorders. Paediatrics and Child Health (United Kingdom), 26(12), 513–518.
Published
2018-01-01
How to Cite
IRAWAN, Ari; FEBRIYANTI, Chatarina. Pembelajaran Matematika pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Journal of Medives, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 99-106, jan. 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/509>. Date accessed: 24 may 2018.