Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar English Mathematics Melalui E-Learning terhadap Pemahaman Geometri Mahasiswa

  • Siska Candra Ningsih Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta
  • Palupi Sri Wijayanti Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar English Mathematics melalui e-learning terhadap pemahaman geometri mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Pre-test and Post-test Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika yang mengambil mata kuliah English Mathematics pada tahun akademik 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian adalah salah satu kelasnya yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data melalui tes pemahaman geometri yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t one sample. Banyak kemudahan yang diperoleh dengan menggunakan e-learning diantaranya bahan ajar dapat diunggah sebelum pembelajaran di kelas, diskusi dapat dilakukan tak terbatas waktu dan ruang dan kuis online dapat dilakukan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar English Mathematics materi Geometri melalui e-learning efektif digunakan dalam pembelajaran terhadap pemahaman geometri mahasiswa.


Kata kunci: bahan ajar, English Mathematics, pemahaman geometri


 


ABSTRACT


This study aims to determine the effectivenes of learning material through e-learning in terms of student’s comprehension of geometry. This study is quasy experimental research with Pre-test and Post-test Group design. The population is all the Mathematics Education students who taked English Mathematics course in academic year 2016/2017. The sample consists of one class that is selected using random sampling. Data is collected by comprehension test of Geometry before and after treatment. Hypothesis test is anylized by t test one sample. There are some conveniences obtained using e-learning such as material learning can be uploaded before learning in the class, discussion can be done not limited by space and time, and online quiz can be done to know the student’s understanding. The result show that learning material of English Mathematics for Geometry theory through e-learning was effective in terms of student’s comprehension of Geometry.


Keywords: material learning, English Mathematics, comprehension of geometry

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadjar, S. (2015). Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Media Komunikasi, Edukasi dan Informasi PPPPTK Matematika Yogyakarta. LIMAS. Edisi Nomor 34, November 2015. ISSN : 1829 – 5657. PPPPTK Yogyakarta.

Kawi, I. G. A. K., Santyasa, I. W., & Rasana, I. D. P. R. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Kreatif Terintegrasi Bagi Siswa Kelas IX SMP Semester Enam. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 3.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Subekti, I., Sukestiyarno, Y. L., & Waluya, S. B. (2012). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning dalam Kerangka Laboratorium Teenzania Materi Trigonometri Kelas X. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(2).

Santosa, I. N., Suharsono, N., & Rasana, I. D. P. R. (2014). Pengembangan Buku Teks Bahasa Inggris Kontekstual Sebagai Usaha Menciptakan Situasi Belajar Aktif Bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 4(1).

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality: Design Approaches and Tools in Education and Training. Dorgrecht: Netherland Kluwer Academic Publishers.

Wijayanti, P., S. & Ningsih, S., C. (2017). Pengembangan Bahan Ajar English Mathematics Berbasis SCORM Melalui E-learning. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Purwanto. 2011. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harahap, S. H. (2015). Pemanfaatan E-Learning Berbasis LCMS Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, 15(1).

Arykunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta: Jakarta.
Published
2018-01-01
How to Cite
NINGSIH, Siska Candra; WIJAYANTI, Palupi Sri. Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar English Mathematics Melalui E-Learning terhadap Pemahaman Geometri Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 57-64, jan. 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/508>. Date accessed: 15 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.508.