IMPLEMENTASI PERMAINAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • Nursiwi Nugraheni Program Studi PGSD Universitas Negeri Semarang

Abstract

ABSTRAK

Media pembelajaran yang menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar akan lebih merangsang kegiatan belajar siswa. Salah satu media tersebut adalah media permainan. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui implementasi media permainan dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, rubrik, tes dan catatan lapangan. Permainan yang diterapkan  adalah permainan ular tangga, permainan sirkuit, dan monopoli bintang yang dimodifikasi dengan materi matematika sekolah dasar. Media permainan dalam ketiga sub penelitian tersebut bukan dimaksudkan untuk menerapkan konsep, melainkan sebagai pelatih ketrampilan. Media permainan membangkitkan semangat bagi siswa untuk meningkatkan ketrampilannya dengan perasaan senang. Perasaan senang inilah yang mendorong siswa untuk terus berlatih. Dari ketiga sub penelitian memperoleh hasil yang sama. Media permainan dapat membantu dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Ketiga media permainan tersebut diberikan setelah kegiatan presentasi diskusi kelompok guna memantapkan materi yang telah dipelajari., (2) Media permainan dapat membantu dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar khusunya kelas tinggi.

Kata kunci: implementasi media permainan, sekolah dasar.

 

ABSTRACT

Learning media that attract students attention on teaching and learning activities will further stimulate student learning activities. One of them  is the game media. This study aims to find out the implementation of game media in improving the quality of mathematics learning in primary school especially in high class. This research uses a classroom action research procedure consisting of  3 cycle. Techniques of data collection are observation, documentation, rubric, test and field notes. The game is a game of ladder snakes, circuit games, and star monopoly that is modified with elementary school math materials. The game media in the three sub researches is not intended to apply the concept, but as a skill trainer. The game media is encouraging for students to improve their skills with pleasure. It is this pleasure that encourages students to continue practicing. The three sub researches are getting the same result. Game media can assist in improving the quality of mathematics learning in elementary schools. The conclusions of this study are (1) The three media games are given after the presentation of group discussions to consolidate the material that has been studied, (2) Game media can help in improving the quality of mathematics learning in primary school especially in high class.

Keywords: game media implementation, primary school.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
Atapukang. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Jurnal Media Komunikasi Geografi 17(2), 45-52.
Diana. (2012). Efektifitas Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak ADHD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1(3), 134-142.
Huang, Y. M., Huang, S. H., & Wu, T. T. (2014). Embedding Diagnostic Mechanisms in a Digital Game for Learning Mathematics. Educational Technology Research and Development, 62(2), 187-207.
Ichsan, N. (2014). Peningkatan Kompetensi Menulis Paragraf Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Pallangga. Jurnal MEDTEK 6(1), 42-48.
Kariman, T. M., & Mulia, E. (2012). Pemanfaatan Weblog Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 5(1).
Kartikasari, G. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia: Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(1), 59-77.
Meylinda, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Program Adobe Flash Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar 1(1), 66-74.
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1).
Pitadjeng. (2006). Belajar Matematika yang Menyenangkan. Debdiknas.
Rohmawati, Esti Dwi & Sukanti. (2012). Pengaruh Cara Belajar Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10(2), 153 – 171.
Siskawati, M., Pargito, P., & Pujiati, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 72-80.
Sukayati & Sri Wulandari. (2009). Pembelajaran Tematik di SD. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Syahsiyah. (2008). Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Sebagai Media Pengajaran Matematika terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Studi Eksperimen di SDIT AL-HIKMAH Pela Mampang Kelas V Pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Skripsi Program Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Yusuf, Y., & Auliya, U. (2011). Sirkuit Pintar Melejitkan Kemampuan Matematika dan Bahasa Inggris dengan Metode Ular Tangga. Jakarta: Visi Media.
Published
2017-07-23
How to Cite
NUGRAHENI, Nursiwi. IMPLEMENTASI PERMAINAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Journal of Medives, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 142-149, july 2017. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/490>. Date accessed: 11 dec. 2017.