Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Dengan Gaya Belajar-VAK

  • Vini Rizqi Program Studi Akuntansi Universitas Nurtanio Bandung

Abstract

Salah satu cara untuk membuat siswa lebih dekat dengan matematika dengan dunia nyata adalah dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) yang dikembangkan dengan tujuan agar pembelajaran berjalan dengan produktif. Siswa tidak akan lepas dari karakteristik gaya belajar visual, auditory, dan kinestetik (VAK) mereka masing-masing untuk memahami suatu konsep. Pendekatan kontekstual dapat dilakukan dengan menggunakan gaya belajar-VAK dengan memfokuskan siswa sebagai pembelajar yang aktif, siswa dapat lebih mengekspresikan gaya belajar mereka masing-masing dalam menyerap sebuah informasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 27 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan konsep matematis yang sginifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran pendekatan kontekstual dengan gaya belajar-VAK dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ekspositori.


Kata kunci: VAK (visual-auditory-kinestetik), kontekstual, pemahaman konsep.


 


ABSTRACT


Contextual learning can be one solution to make student closer and familiar with math and real world. Each students has their own learning style to understand a concept. There are three main learninf style; visual, auditory, and kinestetic (VAK). Contextual lerning can be implemented based on VAK learning style that put the students as active learners, so they can express their learning style to understand some informations. The sample of this research were the seventh graders of SMP Negeri 2 Bandung.  Base on research result, Student who learn by Contextual learning based on VAK learning style  significantly better in understanding mathematical concept than the students who learn by expository method.


Keywords: VAK (Visual-Auditory-Kinesthetic), contextual learning, understanding concepts.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityawarman, B. A., Kusumah, I. H., & Berman, E. T. (2017). Penerapan Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara. Journal of Mechaninal Engineering Education, 4(1), 34-40.

Ampadu, E. (2014). Implementing a New Mathematics Curriculum: Mathematics Teachers’ Beliefs and Practices.

Berns, R. G., & Erickson, P. M. (2001). Contextual Teaching and Learning: The Highlight Zone, Research@ Work No. 5. http:/www. nccte. org/publications/infosynthesis/highlightzone/highlight05/index. asp [accessed in Bandung, Indonesia: 17 October 2011].

Dorner, D. G., & Gorman, G. E. (2011). Contextual Factors Affecting Learning in Laos and the Implications for Information Literacy Education. Information Research: An International Electronic Journal, 16(2), n2.

Enoh, M. (2016). Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Geografi SMU/MA. Jurnal Iz`lmu Pendidikan, 11(1).

Hanushek, E. A., Peterson, P. E., & Woessmann, L. (2010). US Math Performance in Global Perspective: How Well Does Each State Do at Producing High-Achieving Students? PEPG Report No.: 10-19. Program on Education Policy and Governance, Harvard University.

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3 (1) 53-62.

Hendriana, H., Slamet, U. R., & Sumarmo, U. (2014). Mathematical Connection Ability and Self-Confidence (An Experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and Learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1-11.

Komalasari, K. (2016). The Effect of Contextual Learning in Civic Education on Students’ Civic Skills. Educare, 4(2).

National Center for Education Statistics (2013). The Nation’s Report Card: A First Look: 2013 Mathematics and Reading (NCES 2014-451). Institute of Education Sciences, U.S. Department of Education, Washington, D.C.

Nurhadi. (2002). Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Depdiknas.

Siahaan, P. (2006). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa SMP dikaitkan Dengan Gaya Belajarnya. Jurnal Pengajaran MIPA, 8(2), 11-16.

Smith, B. P. (2010). Instructional Strategies in Family and Consumer Sciences: Implementing the Contextual Teaching and Learning Pedagogical Model. Journal of Family & Consumer Sciences Education, 28(1).

Sukreni, N. W., Lasmawan, I. W., & Dantes, N. (2014). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Anak Kelompok B TK Kumara Jati Denpasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).

Yudiawan, I. W. P., Marhaeni, D. A. I. N., & Widiartini, D. N. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa C. 1 Negeri Denpasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1).
Published
2017-07-23
How to Cite
RIZQI, Vini. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Dengan Gaya Belajar-VAK. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 124-133, july 2017. ISSN 2549-5070. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/488>. Date accessed: 21 sep. 2018.