UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEHNIK GAME

  • Ardian Nasrul Anam IKIP Veteran Semarang

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah berdasarkan yang terjadi dilapangan yang mengindikasikan adanya sikap dan perilaku yang mengacu pada kurangnya kesadaran di massa yang modern ini mengenai pembelajaran dalam dunia pendidikan sangat variatif, sehingga menuntut kita semua untuk bisa menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan lebih menyenangkan, tidak monoton dan mudah dipahami. Dengan merubah pola pembelajaran yang konvensional menjadi pola pembelajaran yang aktif dan interaktif akan membuat siswa tertarik untuk mengikuti pelajaran sehingga menjadikan siswa termotivasi untuk mau belajar. Motivasi adalah kemauan untuk melakukan kegiatan agar yang didapatkan mendapatkan hasil baik. Motivasi didalam kelas sangat diperlukan siswa karena siswa kelas XI TKJ 2 SMK Muhammadiyah 3 Weleri - Kendal semester genap tahun 2013/2014 motivasi belajarnya masih tergolong rendah, terbukti pada waktu proses kegiatan belajar di dalam kelas atau pada jam pelajaran masih terdapat siswa yang tidak memperhatikan sebanyak 10 anak, mengantuk atau tidur saat pelajaran 2 anak, dan 5 bolos tidak ikut pelajaran.

 

Kata kunci : Motivasi belajar, layanan informasi dengan game motivasi

Author Biography

Ardian Nasrul Anam, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-10-22
How to Cite
ANAM, Ardian Nasrul. UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEHNIK GAME. KES, [S.l.], v. 2, n. 1, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/kes/article/view/324>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles