PENGARUH PELAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Haris Safrudin IKIP Veteran Semarang

Abstract

Dalam menjalani proses belajar peserta didik  memerlukan bantuan dan bimbingan orang lain. Baik secara disadari maupun tidak dalam kenyataannya, para guru di dalam semua pengajaran yang diberikan secara efektif tersirat beberapa bentuk bimbingan, dalam proses pendidikan dan pengajaran peserta didik tidak lepas dari permasalahan, hal ini dapat diantisipasi melalui pelayanan bimbingan belajar guna menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada-tidaknya hubungan  pelayanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar di SMK Muhammadiyah 5  Darul Arqom Kabupaten Kendal pada semester genap   tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan hasil hitung  korelasi  product moment  diperoleh 0,368,  angka tersebut lebih besar dari angka dalam tabel r product moment pada N (subjek) 79 sebesar 0,211, karena; 0,368  >  0,211, maka hipotesis kerja: “Ada hubungan  positif antara pelayanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar  pada siswa SMK Muhammadiyah 5 Darul Arqom Kabupaten Kendal  semester genap tahun ajaran 2013/2014†diterima.

 

Kata Kunci : pelayanan bimbingan belajar, motivasi belajar, siswa SMK

Author Biography

Haris Safrudin, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-10-22
How to Cite
SAFRUDIN, Haris. PENGARUH PELAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. KES, [S.l.], v. 2, n. 1, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/kes/article/view/322>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles