PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DI DEPAN KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN

  • Setyo Ambarwati IKIP Veteran Semarang

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMAKesatrian 2, terdiri dari 8 anak, 5 laki-laki dan 3 perempuan yang tergabung dalam anggota kelompok bimbingan kelompok, serta Guru BK SMA Kesatrian 2 yang bernama Fikie Saputro, S.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak di depan kelas melalui bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran.Hasil yang diharapkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan kelas yang masih rendah menjadi lebih baik.Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu dari bulan Mei sampai dengan Juli 2014.Analisis data pada penelitian ini adalah kualitatif. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa di depan kelas dari kondisi awal yaitu pra siklus, siklus I, siklus II dan pasca siklus meningkat. Hal ini ditampilkan pada kondisi awal yaitu pra siklus terdapat6 siswa  yang minat belajarnya termasuk dalam kategori “sedang†dan 2 siswa dalam kategori “baikâ€, dan kategori keseluruhan “sedangâ€, pada siklus I mencapai kategori keseluruhan “baikâ€. Pada siklus II mencapai peningkatan tetapi masih di kategori “baikâ€.Sedangkan pra siklus juga mendapatkan kategori “baikâ€. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasanya layanan bimbingan kelompok dapat dijadikan sebagai peningkatan kemampuan berbicara siswa di depan kelas kelas XI IPSSMA Kesatrian 2 Tahun Ajaran 2013/2014 menjadi 48,7% pada pra siklus, 61,4%pada siklus I, 72,9% pada siklus II dan 73,01% pada pasca siklus, sesuai dengan indikator keberhasilannya minimal 70%.Serta dapat meningkatkan kualitas tindakan Guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok menjadi 52% pada siklus I dan 67,7% pada siklus II dari indikator keberhasilan minimal 70%.Saran yang peneliti berikan kepada pihak-pihak yang terkait adalah (1) Bagi siswa hendaknya mengembangkan wawasan baru mengenai fungsi dan manfaat layanan bimbingan dan konseling terutama layanan bimbingankelompok untuk mengatasi permasalahan yang dialami siswa terutama dalam aspek pengembangan pribadi. (2)Bagi guru hendaknya mendorong peningkatan kualitas pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling sehingga mampu memenuhi kebutuhan siswa khususnya dalam mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan pendidikan. (3) Bagi sekolah hendaknya menambah wacana dalam pengembangan layanan bimbingan dan konseling melalui peningkatan kualitas pembelajaran bimbingan dan konseling.

 

Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Peningkatan Kemampuan Berbicara di Depan Kelas, teknik bermain peran.

Author Biography

Setyo Ambarwati, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-10-22
How to Cite
AMBARWATI, Setyo. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DI DEPAN KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN. KES, [S.l.], v. 2, n. 1, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/kes/article/view/318>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles