EFEKTIFITAS GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL GROUP INVESTIGATION DAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS

  • Ariati Dina Puspitasari

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan keterampilan berpikir kritis untuk kelas kelompok dan klasikal; 2) perbedaan peningkatan keterampilan berfikir kritis antara kelas kelompok dan kelas klasikal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimen, dengan model pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini sebanyak 4 kelas dengan 120 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Kota Yogyakarta, sampel penelitian menggunakan 2 kelas yang ditentukan menggunakan teknik proportionate Stratified Random Sampling. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis guided inquiry model kelompok dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yaitu kelas dengan pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis guided inquiry model klasikal. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang berupa tes keterampilan berfikir kritis. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan N-Gain dan secara statistik inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas A dan Kelas B. Pada kelas VII A aspek memberikan penjelasan maupun membangun keterampilan dasar berada pada kategori sedang (0,58 dan 0,52). Sedangkan kelas VII B, pada aspek memberikan penjelasan berada pada kategori sedang (0,64) dan pada aspek membangun keterampilan dasar berada pada kategori tinggi (0,90).


Kata kunci: Guided inquiry, Arduino, Berfikir Kritis


 


EFFECTIVENESS OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL OF GROUP AND CLASS INVESTIGATION TO INCREASE CRITICAL THINKING SKILLS


Abstract


This study aims to know: 1) the improvement of critical thinking skills for groups and classical; 2) the difference of critical thinking skill increasing between group and class. The method used in this research was quasi experiment, with pretest-posttest control group design model. The population of this study were 4 classes (120) students in the 7th grade of Muhammadiyah 8 Yogyakarta Junior High School, the sample used 2 classes determined by proportionate Stratified Random Sampling technique. One class is an experimental class which implement guided inquiry based on group investigastion learning model and one other class is a control class that implement guided inquiry based on classical investigation learning model. Data was collecting by critical thinking skills test. Data were analyzed by descriptive techniques using N-Gain and inferential statistic using t-test. The results shown that there are the significant differences between class A and Class B. In class VII A, the aspects of giving the explanation and build the basic skill are in medium category (0,58 and 0,52). While class VII B, the aspect of giving the explanation is in the medium category (0.64) and aspect of building the basic skills is in high category (0.90).


Keywords: Guided Inquiry, Arduino, Critical Thinking

References

Adofo, Stephen. (2017). Teachers’ Perceptions About Inquiry in Science Education. Master Thesis in Science Education University of Eastern Finland. Di akses dari http://epublications.uef.fi/pub/urn_nbn_fi_uef-20170914/urn_nbn_fi_uef-20170914.pdf

Depdiknas. (2007). Kajian Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Depdiknas: Jakarta

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. New Jersey: Printice-Hall, Inc.

Indrawati. (2015). Model Gi-Gi: Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Scl Dan Scientific Approach Untuk Pembelajaran Perkuliahan Strategi Belajar Mengajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya. Hal 416-421.

Hake, R. R. (1998). Ineractive-engagement versus traditional methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics test data for Introductory Physics Courses. American Association of Physics Teachers. Volume 66, Number 1, 64-74. Januari 1998

Hendrik Saputra, dkk. (2016). Profil Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMPN 7 Pasuruan. Prosiding Semnas IPA Pascasarjana UM Vol 1, 2016, Hal 943-949. Diakses dari http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Hendrik-Saputra-943-949.pdf

John W. McBride, et al. (2004). Using an inquiry approach to teach science to secondary school science teachers. Journal of Physics Education, September 2004. Diakses dari http://phys205.physics.tamu.edu/ WebPageDocuments/Article_UsingInquiry.pdf

Kulthau, C. C,. (2010). Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century. School Libraries Worldwide 16(1), 17-28.

Magdalena, G., Aribowo, A., dan Halim, F. (2013) : Perancangan Sistem Akses Pintu Garasi Otomatis. Proceedings Conference on Smart-Green Technology in Electrical and Information System, 301-205

Muliana Sari, dkk. (2016). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII D SMPN 1 Gambut. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UNS, hal 254-264. Diakses dari http//jurnal.fkip.uns.ac.id

Nur, I. Asmarawati & Suparman. (2018). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kritis Siswa SMP Kelas VIII Semester Genap. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia hal 690-697. Diakses dari http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/viewFile/2403/1364

Ningsih, S.M, dkk. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Unnes Physics Education Journal, Vol 1 No 2 (2012), hal 44-52

Paul, R., & Elder, L. (2007). Critical thinking: The art of Socratic questioning. Journal of Developmental Education, 31(1), 36.

Salirawati. (2014, Mei 23). Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved januari 9, 2017, from Staff UNY Website: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/ das-salirawati-msi-dr/19penyusunnan-dan-kegunaan-lks.pdf

Swit Tanti R.N, dkk. (2017) Implementasi Model GI-GI (Grup Investigation-Guided Inquiry) Pada Pembelajaran Gerak Melingkar di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6 No 4 Hal 333-339

Wibowo, H., Somantri, Y., dan Haritman, E. (2013), Rancang Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad Dan Solenoid Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno, Jurnal Electrans, 12, 39-48
Published
2018-04-30
How to Cite
PUSPITASARI, Ariati Dina. EFEKTIFITAS GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL GROUP INVESTIGATION DAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS. JIPVA, [S.l.], p. 111-120, apr. 2018. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva/article/view/580>. Date accessed: 21 may 2018.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.