Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Biologi di Kelas VIII SMP 11 Manokwari

  • Yanto O. Rumbekwan Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Papua
  • Aksamina M. Yohanita Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Papua
  • Insar Damopolii Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Papua

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran cooperative script dan model pembelajaran konvensional. Penelitian dilaksanakan di SMP 11 Manokwari. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control group design. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas VIII B (35 siswa) sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C (35 siswa) sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikan 0,000 (P < 0,05). Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 62,29 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu sebesar 43,97.


Kata kunci: Model pembelajaran cooperative script, model pembelajaran konvensional, hasil belajar biologi


 


THE EFFECT OF COOPERATIVE SCRIPT LEARNING MODEL ON BIOLOGY STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN CLASS VII SMP 11 MANOKWARI


 Abstract


The purpose of this study was to determine the difference of students’ achievement who taught with cooperative script learning model and conventional learning model. The research was conducted at SMP 11 Manokwari. The research type is quasi-experimental used nonequivalent control group design. Samples were taken by using purposive sampling and obtained group VIII B (35 students) as the control group and group VIII C (35 students) as experiment group. We used independent sample t-test to analyze data. The results showed that there was a significant difference between the posttest mean score of the experimental and the control group with significant 0,000 (P <0.05). The mean student achievement of the experimental group was 62,29% higher than the mean students’ achievement of the control group was 43,97.


Keywords: Cooperative script learning model, conventional learning model, biology students’ achievement.

References

Arimadona, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Biologi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 72–78.

Armansyah. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII4 SMP Negeri 1 Makassar. Jurnal Nalar Pendidikan. 2(1), 66 – 71.

Baransano, A. Y., Yohanita, A. M., & Damopolii, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA YABT Manokwari. Seminar Nasional MIPA II Universita Papua “Konservasi, Matematika, Sains dan Teknologi" (hal. 273-280). Jakarta: Sinar Grafika.

Damopolii, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMP 21 Rendani Manokwari. Disajikan pada Seminar Nasional dan Kongres HPPBI (pp. 1-5). Mataram: https://osf.io/4twg2.

Damopolii, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pembelajaran Komik IPA Terpadu terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Simposium Nasional MIPA (hal. 134-137). Makassar: Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar. (online) tersedia di: http://mipa.unm.ac.idmipaopen/Insar_Damopolii__2017_08_05_09_00_17_618.pdf

Damopolii, I., Nunaki, J. H., & Supriyadi, G. (2018). Effect of Problem Solving Learning Model on Students Achievement. Journal of Educational Research and Evaluation, 2(1).

Chotimah, H., & Dwitasari, Y. (2009). Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Hanafiah, N dan Suhana, C. (2010). Konsep Strategi pembelajaran. Bandung:PT Refika Aditama.

Hestyana, A., Kistiyanto M. S., & Puwanto. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS di SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Geografi. 2(1). (online) tersedia di: http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/41/1555

Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Indriani, D. K., Tjandrakirana., & Ibrahim, M. (2015). Pengembangan Perangkat Model Cooperative Scripts dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 4(2), 495 – 502.

Muliawan, I. K., Syahruddin, H., & Surajana, I. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script dengan Siklus ACE terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 Di Gugus VIII Kecamatan Sukasada. e-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Munir, M. K., Damopolii, I., & Iwan. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Yapis Manokwari. KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1), 120-129.

Tiara, I., Sanjaya, S., & Edi, R. (2014). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Tanjung Raja. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 1(2), 156-163.

Trianto, (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana.

Saragih, L. E., & Tarigan, S. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Script dan Problem Based Instruction pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan. 4(2).

Sharan, S. (2012). The Handbook of Cooperative Learning. Penerjemah: Drs. Marianto Samosir, S.H. Yogyakarta: Familia.

Slameto. (2013) Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryani, N. K., Atmaja, I. N. B., & Natajaya, I, N. (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Sosiologi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 4.

Suwardi, Y. P., Kistiyanto, M. S., & Wagistina, S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Jurnal Pendidikan Geografi. 2(1).

Werimon, S., Damopolii, I., & Nunaki, J. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Dipadu Media Pembelajaran Komik Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Eksakta Pendidikan. 1(2). 33-4.
Published
2018-04-30
How to Cite
RUMBEKWAN, Yanto O.; YOHANITA, Aksamina M.; DAMOPOLII, Insar. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Biologi di Kelas VIII SMP 11 Manokwari. JIPVA, [S.l.], p. 25-35, apr. 2018. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva/article/view/566>. Date accessed: 21 sep. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.566.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.