Efektivitas Model Joyful Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP dengan Memperhatikan Domain Soal

  • Ratih Dwi Yuniarti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Risya Pramana Situmorang Program Studi Pendidikan Biologi,Universitas Kristen Satya Wacana
  • Agna Sulis Krave Program Studi Pendidikan Biologi,Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan efektivitas penggunaan model Joyful learning dengan memperhatikan domain soal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain kuasi eksperimental. Sampel penelitian yaitu kelas VIII D menggunakan model joyful learning, dan kelas VIII E menggunakan model konvensional, yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data pemahaman menggunakan tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Joyful learning dengan memperhatikan domain soal mengalami peningkatan yang signifikan dan lebih efektif dibanding dengan model konvensional terhadap pemahaman konsep. Model pembelajaran Joyful learning terbukti efektif dengan nilai sig 0,04 < 0,05 (taraf signifikan 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa model Joyful learning lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional.


 


Kata Kunci: IPA, Joyful Learning, pemahaman konsep.


 


EFFECTIVENESS OF JOYFUL LEARNING MODEL IN IMPROVING CONCEPTUAL UNDERSTANDING OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS BY NOTING DOMAIN PROBLEM


Abstract


The aims of this study are to determine the difference in understanding of the concept and effectiveness of the use of Joyful learning model by taking into account the Noting Domain Problem. This research is a quantitative research with an quasi experimental design. The sample of this research is class VIII D which implement joyful learning model, and class VIII E which implement the conventional model, which is chosen by purposive sampling. Techniques that use for collecting understanding data are written test, observation, and documentation technique. The hypothesis tested with independent sample t test. The results showed that the use of Joyful learning model with attention to domain problems experienced show a significant increase and more effective than the conventional model of conceptual understanding. Joyful learning model effective approve of 0,04 < 0,05 (significant level 0.05) concluded that Joyful learning model is more effective than conventional learning model.


Keywords: IPA, Joyful Learning, conceptual understanding.

References

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, Davidk R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Appelman, R. (2004). Designing experiential modes: A key focus for immersive learning environments. TechTrends, 49(3), 64-74.

Febriani, H, Irma. 2016. Penerapan Model Project Based Learning Dipadukan Dengan Sharing Gallery Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIF SMPN 5 Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017.

Halimah, Siti. 2012. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif di Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Makalah. http://repository.uinsu.ac.id/273/1/makalah.pdf. (diakses tanggal 20 Oktober 2017)

Jayanti, Ni Wyn., Ni Nym. Garminah, Suarjana. (2017). Pengaruh Metode PQRST Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus 5 Kecamatan Kediri. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105400&val=1342. (diakses pada 13 Maret 2017).

Latief, F. A. W. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Joyful Learning Berbantu Dengan Humor Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Pada Kelas XI IPS 3 di MAN 2 Madiun Tahun Ajaran 2014/2015. http://eprints.uny.ac.id/28839/1/SKRIPSI_FajarArifWijayaLatief_10403241038.pdf. (diakses tanggal 20 Oktober 2017)

Mulyatiningsih, E. 2010. Pembelajaran Aktif, Kreatif Inovatif, Efektif Dan (Paikem), Menyenangkan, 1–30. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/5cmodel-pembelajaran-paikem22810.pdf. (diakses tanggal 20 Oktober 2017)

Omer Faruk Tutkun, dkk., (2014). “Bloom’s Revized Taxonomy and Critics on It”, http://www.tojce.com/july2012/tjuly2.pdf. (diakses tanggal 13 Oktober 2017)
Purwiastuti. (2009). Penerapan Variasi Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Matematika (PTK). https://www.researchgate.net/publication/279488667_penerapan_variasi_metode_pembelajaran_berbasis_joyful_learning_untuk_meningkatkan_kualitas_proses_dan_hasil_belajar_biologi_ptk_di_kelas_viiih_smp_muhammadiyah_1_surakarta. (diakses tanggal 25 Oktober 2017)
Sudarma, I Komang. (2012). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran dan Pengetahuan Awal terhadap Pemahaman Konsep Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. TESIS Program Pascasarjana UM.

Sujiono, dan Yuliani N. (2006). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wei, C., Hung, I., Lee, L., Chen, N. (2011). A joyful classroom learning system with robot learning companion for children to learn mathematics multiplication. The Turkish Online Journal of Educational Technology. 10 (2), 11-23.

Wibowo, Agus Mukti. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Sains Di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Perbaikan Bahan Ajar. Madrasah Vol. 4 No. 2 Januari - Juni 2012
Published
2018-04-30
How to Cite
YUNIARTI, Ratih Dwi; SITUMORANG, Risya Pramana; KRAVE, Agna Sulis. Efektivitas Model Joyful Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP dengan Memperhatikan Domain Soal. JIPVA, [S.l.], p. 122-130, apr. 2018. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva/article/view/540>. Date accessed: 21 sep. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.540.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.