Korelasi Keterampilan Argumentasi dan Hasil Belajar Siska SMA Kristen Satya Wacana pada Materi Genetika dengan Model ABSI

  • Vinsensia Angeline Universitas Kristen Satya Wacana
  • Risya Pramana Situmorang Program Studi Pendidikan Biologi,Universitas Kristen Satya Wacana
  • Santoso Sastrodihardjo Program Studi Pendidikan Biologi,Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi keterampilan argumentasi siswa dan hasil belajar siswa SMA Kristen Satya Wacana pada materi genetika melalui implementasi model Argument Based Science Inquiry (ABSI). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII MIA 1 dan XII MIA 2 SMA Kristen Satya Wacana tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model ABSI yang dilaksanakan pada materi genetika dapat meningkatkan keterampilan argumentasi dan hasil belajar siswa. Hasil rata-rata belajar pada implementasi model ABSI ialah 37.86, sementara pada model konvensional 39.14. Keterlaksanaan model ABSI untuk meningkatkan keterampilan argumentasi siswa memiliki selisih 0.121. jadi, dapat disimpukan bahwa terdapat korelasi antara keterampilan argumentasi dengan hasil belajar siswa sebesar 0.235 yang artinya memiliki korelasi rendah.


Kata kunci: ABSI, Keterampilan Argumentasi, Hasil Belajar, Genetika


THE CORRELATION OF ARGUMENTATION SKILL AND LEARNING ACHIEVEMENTS OF SATYA WACANA CHRISTIAN SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT ON GENETIC TOPIC WITH ABSI MODEL
Abstract


This study aims to determine the correlation of argumentation skills and learning achievements of Satya Wacana Christian Senior High School student on the genetic topic through the implementation of Argument Based Science Inquiry (ABSI) model. The type of research is quantitative research. The subjects of the study were the students of class XII MIA 1 and XII MIA 2 of Satya Wacana Christian Senior High School for the academic year 2017-2018. This research used 3 types of data collection techniques: observation, questionnaire and written test. The results indicated that learning with ABSI model on the genetic topic can improve students argumentation and learning achievement. The average of learning achievement on the ABSI model implementation is 37.86 while the conventional model 39.14. The implementation of ABSI model to improve students' argumentation skills has a difference 0.121 point. So that, there is a correlation between argumentation skills and student learning achievements at 0.235point which mean there is a low correlation.
Keywords: ABSI, Argumentation Skills, Learning outcomes, Genetic

References

Budiyono, Agus., Rusdiana Dadi., Ida Kolida. 2015. Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Pada Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) 8 dan 9 Juni 2015, Bandung, Indonesia.

Handayani, Putri. 2017. Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Universitas Sriwijaya. Vol 2 (1).

Ichsan, Andi Mahardika., Fitriah & Zainuddin. 2015. Keterampilan argumentasi Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.Jurnal Vidya Karya Universitas Islam Banjarmasin,Vol. 27 (7).
Jiwanto, Ikhbar Nur., Sugianto., Khumaedi. 2017. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kooperatif Jigsaw Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Veteran. Vol 1(1), 1-8.

Mercer, N., Daawes, L., Wegerif, R., & Sams, C. 2004. Reasoning as a scientist : Ways of helping children to use language to learn science. British Educational Research Journal, Vol.30(3): 359-377.

Mukminan. 2014. Tantangan Pendidikan di Abad 21. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan” 29 November 2014, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Nussbaum, E., & Sinatra, G. 2003. Argument and conceptual engagement. Contemporary Educational Psychology, Vol.28, 384-395.

Sumarhadi, Anas. 2010. Pengaruh Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Joyfull Learning Melalui Metode Mind map Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Supeno. 2014. Buku Model Pembelajaran Untuk Mengajarkan Fisika dan Keterampilan argumentasi Ilmiah. Surabaya : Program Studi Pendidikan Sains PPS Universitas Negeri Surabaya.
Published
2018-04-27
How to Cite
ANGELINE, Vinsensia; SITUMORANG, Risya Pramana; SASTRODIHARDJO, Santoso. Korelasi Keterampilan Argumentasi dan Hasil Belajar Siska SMA Kristen Satya Wacana pada Materi Genetika dengan Model ABSI. JIPVA, [S.l.], p. 1-12, apr. 2018. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva/article/view/539>. Date accessed: 15 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.539.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.