PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

  • Siska Arimadona Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Ahlussunnah Bukittinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh. Data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar biologi siswa aspek kognitif. Data dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (T-test). Hasil analisis diperoleh nilai  yang artinya Hipotesis (H1) diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berpengaruh positif karena dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh secara signifikan.


THE EFFECT OF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)TYPES OF COOPERATIVE LEARNING TO BIOLOGY LEARNING ACHIEVEMENTS


 ABSTRACT


 This study aims is to examined the effect of STAD types of Cooperative Learning to Biology’s learning achievements. This research used quasi experimental design with randomized control group design posttest only design. The subject of this research is the students of class X SMA Negeri 1 Payakumbuh. The data in this study is the data of students' learning achievements. The data were analyzed using two-equity test (T-test). The results of the analysis obtained value tcount = 2,00>1.43 = ttable which means Hypothesis (H1) accepted. Based on the results of the study, we can concluded that the implementation of STAD had positive effect to increase learning achivements significantly.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Gusniar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment
Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 2(1).
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. jakarta: Bumi Aksara.
Lufri, dkk.2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang. Universitas Negeri Padang.
Nur, Mohammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA
Pitria, Melka. 2011. “ Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pembelajaran IPS Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Tarok”. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
Sukardi. 2003. Metodologi penelitian pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara
Sunilawati, N.M., Dantes, N. & Candiasa, I.M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. Jurusan Pendidikan Dasar. Volume 3.
Supardi. 2013. Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta Selatan: Change Publication
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Wahyuni, Annisa. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Disertai Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP N 2 Kecamatan Harau”. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: program studi pendidikan biologi STKIP Payakumbuh.
Yusuf, Muri. 2013. Metode Penelitian. Padang : UNP
Published
2017-11-20
How to Cite
ARIMADONA, Siska. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. JIPVA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 72-78, nov. 2017. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva/article/view/518>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Article