PENGGUNAAN ASESMEN PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA VISUAL IMPAIRMENT DI SLB JAWA TENGAH

  • Indri Nurwahidah IKIP Veteran Jawa Tengah

Abstract

Mata pelajaran IPA membutuhkan lebih banyak visualisasi dibanding dengan mata pelajaran yang lain, padahal hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh siswa dengan visual impairment. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penggunaan asesmen pembelajaran IPA bagi siswa SLB dengan visual impairment sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan maupun kurikulum yang sedang berlaku di sekolah tersebut. Penelitian ini melibatkan empat sekolah luar biasa (SLB) A yang berada di Jawa Tengah, yaitu SLB Negeri Semarang, SLB A Dria Adi Semarang, SLB Negeri Boyolali, dan MILB Budi Asih Semarang. Metode pengumpulan data di empat SLB A Jawa Tengah diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan asesmen di SLB A Jawa Tengah belum maksimal, sarana dan prasarana penunjang untuk menyususn asesmen yang sesuai dengan standar untuk siswa dengan visual impairment masih sangat terbatas. Empat SLB di Jawa Tengah tempat dilakukannya penelitian, hanya satu sekolah diantaranya yang memiliki mesin ketik dan printer braille yang dapat berfungsi dengan baik.


USE OF SCIENCE LEARNING ASSESSMENT FOR STUDENTS WITH VISUAL IMPAIRMENT AT SLB CENTRAL JAVA


Abstract


Science subjects require more visualization than any other subject, whereas it cannot be done by students with visual impairment. This research is conducted to find out whether the use of science learning assessment for students with visual impairment has been run well in accordance with the rules and curriculum that are in effect in the school. This research involves four extraordinary schools (SLB) A located in Central Java. Methods of data collection in four SLB A Central Java are interview, observation, and documentation. Based on the result of the research, it can be concluded that the use of assessment in SLB A Central Java has not been maximal yet supporting facilities and infrastructures to arrange the assessment according to the standard for students with visual impairment is still very limited. Four SLBs in Central Java where research is conducted, only one school has a typewriter and braille printer that can function properly.

References

Khairunnisa, K., Luthfah, S., Nurtasila, S., Sari, I. P., & Indonesia, U. P. (2017). Kurikulum untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif, (2012), 73–80.
Martin, R., Sexton, C., Franklin, T., & Gerlo-vich, J. (2005). Teaching science for all children. New York: Pearson
Ong, et. al. (2017). Visual Impairment, Age-Related Eye Diseases, and Cognitive Function, 130(7), 895–900. https://doi.org/10.1001/archophthalmol.2012.152
Papadopoulos, K., Papadimitriou, K., & Kout-soklenis, A. (2012). The role of audi-tory cues in the spatial knowledge of blind individuals. International Journal of Special Education, 27, 168-180.
Permendikbud No. 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
Rudiyati, S., Rahmawati, R., Latifah, E., Wulandari, H. C., & Wati, E. (2015). Identifikasi Kebutuhan Pembelajaran Bagi Anak Multiple Disabilities Visualy Impairment (MDVI) Secara Terpadu,Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 8, No 2, 68–80.
Saputri, A. E & Wangid, M. N. (2013).Pembelajaran Sains Sd Untuk Siswa Tunanetra Di Slb-A Yaketunis. Jurnal Prima Edukasia, Volume 1 – Nomor 2, 2013, 1(1), 142–155.
Suhendar. (2017). Kurikulum Pembelajaran Dalam Seting Kelas Inklusif. International Conference On Special Education In South East Asian Region 7th Series 2017
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 5 ayat (1)
Ulfa, D. A., Salim, A., & Maret, U. S. (2017). Implementasi kurikulum 2013 untuk pembelajaran anak tunanetra di slb nurul bayan lombok utara, 25–30.
Wibowo, H. S. (2015). Metode Evaluasi Pembelajaran Inklusif bagi Peserta Didik Difabel Netra. INKLUSI, Vol. 2, No. 1
Published
2017-11-20
How to Cite
NURWAHIDAH, Indri. PENGGUNAAN ASESMEN PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA VISUAL IMPAIRMENT DI SLB JAWA TENGAH. JIPVA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 39-50, nov. 2017. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva/article/view/517>. Date accessed: 11 dec. 2017.
Section
Article