MISKONSEPSI MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA PADA MATERI KELISTRIKAN

  • Rizki Noor Prasetyono Universitas Peradaban Bumiayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedalaman mahasiswa dalam memahami konsep kelistrikan dan miskonsepsi yang dialami. Penelitian ini dilaksanalan sebelum perkuliahan mata kuliah Fisika Dasar II pada mahasiswa teknik informatika tahun ajaran 2016/2017. Untuk mengidentifikasi pra konsepsi dan miskonsepsi mahasiswa pada materi kelistrikan digunakan instrument tes pilihan ganda dengan metode Certain of Response Index. Metode ini juga dapat membedakan jawaban dari pertanyaan mahasiswa yang mengalami miskonsepsi, keberuntungan menjawab (lucky guess), kurangnya pengetahuan (lack of knowledge), dan mahasiswa yang memahami materi. Berdasarkan data hasil penelitian didapatkan lima pertanyaan dari konsep dasar kelistrikan bahwa mahasiswa mengalami miskonsepsi. Mahasiswa mengalami miskonsepsi pada konsep arus listrik, tegangan dalam rangkaian, penerapan hukum ohm, hambatan variabel, dan penerapan hukum kirchoff. Berdasarkan lima butir soal pada materi kelistrikan, 71 % mahasiswa mengalami miskonsepsi.


MISCONSEPTS STUDENTS OF INFORMATIC ENGINEERING IN ELECTRICAL SUBJECT


 Abstract


 The purpose of the research was find the depth of students in understand the electrical concepts and misconceptions experienced. This research was conducted before the subject of Physics II course in Informatics Engineering students of the academic year 2016/2017. To identify the preconceptions and misconceptions students of electrical subject used multiple-choice test instrument with the method Certain of Response Index. This method can also distinguish answers from students who have misconception, lucky guess answer, lack of knowledge, and students who understand the material. Based on the research data, the five questions of the basic concepts of electricity college students have misconceptions. Students have misconceptions on the concept of electric current, voltage in the circuit, the application of ohms law, variable resistor, and the application of Kirchhoff laws. Based on five quetions electrical materials, 71% of students has misconceptions.

References

Arikunto, suharsimi. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta : Bumi Aksara
Berg, E.v.D.. (1991). Miskonsepsi Fisika dan Remidiasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
Eka Putra, Irsyaf., Adlim dan A.Halim. (2016). Analisis Miskonsepsi dan Upaya remidiasi Pembelajaran Listrik Dinamis dengan Menggunakan Media Pembelajaran Lectora Inspire dan PhET Simulation di SMAN Unggul Tunas Bangsa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 4 (2). 13-19.
Hasan, Saleem., Diola Bagayoko., and Ella L Kelley. (1999). Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Journal of Physic Education 34 (5) 294-299.
Janulis P. Purba dan Ganti Depari. (2008). Penelusuran Miskonsepsi Mahasiswa Tentang Konsep Dalam Rangkaian Listrik Menggunakan Certainty Of Response Index Dan Interview. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 1-19.
Katu. 1995. Konsepsi Awal dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Mereka atas Konsep-konsep Sains yang diajarkan Guru.
Suhandi, Adi,. Parulian Sinaga,. Ida Kaniawati,. Dan Edi Sehendi. (2009). Efektifitas Penggunaan Media Simulasi Virtual pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif dlam Meningkatkan Pemahaman Konep dan Menimalkan Miskonsepsi. Jurnal Pengajaran MIPA 13 (1). 35-47
Sendy Zulia Witanecahya dan Budi Jatmiko (2014). Penerapan Model Pembelajran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiri) untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Kelad X SMAN 2 Ponorogo pada Pokok Bahasan Perpindahan Panas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 03 (03). 6-10.
Rusilowati, Ani. (2006). Profil Kesulitan Belajar fisika Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa SMA di Kota Semarang. Jurnal Pendidika Fisika Indonesia 4(2). 100-106.
Thohir, M. Anas, Wasis, Sugimin WW. (2013). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing dalam Upara Remidiasi Miskonsepsi Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 1(2). 63-67.
Zainudin. (2006). Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Ajar Rangkaian Listrik Arus Searah. Jurnal Vidya Karya 24 (2). 113-117
Published
2017-11-20
How to Cite
PRASETYONO, Rizki Noor. MISKONSEPSI MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA PADA MATERI KELISTRIKAN. JIPVA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 62-71, nov. 2017. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva/article/view/516>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Article