IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMKN 1 TELUK KUANTAN

  • Rosa Murwindra Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan
  • Nofri Yuhelman Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan
  • Dwi Putri Musdansi Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran kimia di SMKN 1 Teluk Kuantan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data digunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum implementasi kurikulum 2013 sudah dilaksanakan meskipun belum optimal karena adanya beberapa kendala yang akan terus diatasi agar implementasi kuriklum 2013 menjadi lebih baik.


IMPLEMENTATION OF CURRICULUM 2013 IN CHEMIST TEACHING LEARNING PROCESS AT SMK NEGERI 1 TELUK KUANTAN


Abstract


The purpose of this research is to describe the implementation of curriculum 2013 in chemist teaching learning process at SMK Negeri 1 Teluk Kuantan. This research is kind of description qualitative research, to collect the data  this research using purposive sampling. In order to collect the data this research is using interview, observation, documentation, and questionnaire. Data analysis technique which used in this research are data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing. Based on the result of the research, it can be concluded that generally curriculum 2013 already applied, even though it does not run well get because of  some problem which will be solved in order to improve the implementation of curriculum 2013.

References

Alawiyah, faridah. 2013. Dampak Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Guru. P3DI. Setjen DPR RI. Jakarta.
Arifin, Z. 2011. Penelitian pendidikan metode dan paradigma Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Burhanudin, 1994. Analisis Administrasi dan Manajemen Pendidikan Dalam Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Direktorat Pembinaan SMA-Ditjen Pendidikan Menengah. 2014. Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta.
Hamzah, B. Uno. 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press.
Majid, A., 2007., Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mattew B, Milles and Hubberman M. A. 1994. Qualitative Data Analysis. California : Sage Publication, Inc.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Minhaji, A. 2013. Tradisi Akademik di Perguruan Tinggi. Yogyakarta : SUKA Press.
Mulyasa, H.E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuruzzaman, M. 2015. Faktor-faktor yang Menghambat Implementasi Kurikulum 2013 di SMKN 1 Seyegan Sleman Jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB). Skripsi. UNY. Yogyakarta.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta
Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Lembar Negara RI Tahun 1989, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3390).
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional. (Lembar Negara RI Tahun 2003 No. 78, Tambahan Lembar Negara RI No. 4301).
Published
2017-11-20
How to Cite
MURWINDRA, Rosa; YUHELMAN, Nofri; MUSDANSI, Dwi Putri. IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMKN 1 TELUK KUANTAN. JIPVA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 51-61, nov. 2017. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva/article/view/514>. Date accessed: 11 dec. 2017.
Section
Article