KEEFEKTIFAN METODE EKSPERIMEN BERBANTU MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Nurrohmah Hadiyati Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti Universitas PGRI Semarang

Abstract

Abstrak


Latar belakang penelitian ini adalah ditemukan kondisi-kondisi sebagai berikut, dalam pembelajaran IPA proses pembelajarannya masih menekankan konsep-konsep yang ada di buku, belum digunakannya media benda konkret dalam pembelajaran IPA, penyampaian materi belum memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai proses pembelajaran, hasil belajar siswa yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), belum menggunakan metode eksperimen dalam proses pembelajaran.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode eksperimen berbantu media benda konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Sendangmulyo 01 Semarang tahun ajaran 2016/ 2017.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dalam bentuk Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampling purposive. Berdasarkan perhitungan uji t satu pihak diperoleh thitung = 1,913 dan , karena  maka H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan metode eksperimen berbantu media benda konkret efektif terhadap hasil belajar IPA. Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya guru dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berbantu media benda konkret.


Abstract


The background of this study was found to conditions as follows, in science teaching learning process still emphasizes the concepts in the book only, not the use of the media of concrete objects in science learning, not yet use of learning resources that are around the students, student learning outcomes are still below the minimum completeness criteria (KKM), have not used experimental methods in the learning process. The purpose of this research was to determine the effectiveness of the experimental method to the concrete object of media-assisted learning outcomes fifth grade science students of SD Negeri 01 Semarang Sendangmulyo academic year 2016 / 2017. This research is an experiment in the form of Quasi-Experimental Design Control Group Design Nonequivalent type using techniques nonprobability sampling purposive sampling. Based on the calculation of the t test obtained t = 1.913 and T_ (1-?) = t _ ((0.95) (35)) = 1.67, because t_hitung = 1.913 ? t _ ((0.95) (35)) = 1.67 then H0 is rejected and Ha is received, it can be concluded that the study conducted by the experimental method of concrete objects effective media assisted on learning outcomes IPA. Suggestions to the authors convey the teacher should be able to apply the learning by using media-assisted experiments concrete objects.

References

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astutik. (2012). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) Berbasis Eksperimen Pada Pembelajaran SAINS Di SDN Patrang I Jember”. Diunduh pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article/20/pdf
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Ke Empat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif Berkarakter. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyani. 2015. “Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Rangkaian Listrik Seri Dan Paralel Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek”. Jurnal Pendidikan Profesional. Vol. 4, No. 3: 45-54. Diunduh pada: www.jurnalpendidikanprofesional.com/index.php/JPP/article/100/pdf
Nugrohoningdyah. E, dan Zuhdi. U. 2013. “Pemanfaatan Media Benda Konkret Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar”. JPGSD. Vol. 01, No.02: 0-216. Diunduh pada: ejournal.unesa.ac.id/article/5078/18/article.pdf
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparni. (2015). “Demonstrasi Benda Konkrit Dalam Pembelajaran Matematika”. Logaritma. Vol. III, No. 02: 129-141. Diunduh pada: ejournal.perpustakaanstainpsp.net/index.php/logaritma/article/view/244/pdf
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2017-11-20
How to Cite
HADIYATI, Nurrohmah; WIJAYANTI, Arfilia. KEEFEKTIFAN METODE EKSPERIMEN BERBANTU MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. JIPVA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 24-31, nov. 2017. ISSN 2598-0904. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva/article/view/513>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Article