UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW

  • Siti Asmari IKIP Veteran Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kesulitan – kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam kegiatan belajar memahami flora dan fauna pada  Siswa Kelas VI SD Negeri Bintoro 7 Kecamatan Demak Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2013/2014, (2) Metode belajar yang menarik mengenai flora dan fauna pada siswa kelas VI SD Negeri Bintoro 7 Kecamatan Demak Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas praktek pembelajaran IPS secara berkesinambungan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Objek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Bintoro 7 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I belum nampak hasil yang diharapkan dari penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk materi flora dan fauna di Indonesia. Peserta didik belum bisa mengikuti atau menyesuaiakan diri terhadap kegiatan pembelajaran jigsaw. Suasana kelas masih terlihat kacau, dapat dikatan belum kondusif sehingga guru harus sering memberikan intruksi guna mengkondisikan kelas agar lebih tenang. Rata-rata kelaspada siklus I adalah 65 dengan nilai ketuntasan 56.62% dan ketidaktuntasan 43.57%. Sedangkan pada siklus II sudah menunjukkan hasil yang sudah diharapkan dari penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk materi flora dan fauna di Indonesia rata-rata kelas 72 dengan nilai ketuntasan 78.26% dan nilai ketidaktuntasan 21.73%. Peserta didik sudah bisa menyesuaikan diri terhadap kegiatan pembelajaran dari penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk materi flora dan fauna di Indonesia. Beberapa peserta didik sudah berani bertanya kepada guru perihal menyelesaikan lembar kerja ahli. Bahkan ada peserta didik yang berani maju untuk mempresentasikan hasil diskusi tanpa ditunjuk oleh guru.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Penelitian Tindakan kelas, Lembar Kerja Ahli.

Author Biography

Siti Asmari, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-10-28
How to Cite
ASMARI, Siti. UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW. GEOGRAFI, [S.l.], v. 2, n. 1, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/geografi/article/view/334>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Articles