KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI SMA NEGERI

  • Dewi Agustina IKIP Veteran Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketersediaan sumber belajar geografi, (2) pengetahuan guru tentang sumber belajar geografi, (3). kompetensi guru dalam pemanfaatan sumber belajar geografi, (4) upaya guru geografi dalam meningkatkan kompetensinya untuk memanfaatkan sumber belajar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner/angket, dokumentasi, dan observasi. Sampel penelitiannya menggunakan sampel penuh, yaitu seluruh guru SMA Negeri di Kabupaten Semarang yaitu sebanyak 16 orang. Analisis data yang digunakan adalah prosentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan: 1) ketersedian sumber belajar di SMA Negeri di Kabupaten Semarang khususnya meliputi benda, karya ilmiah, manusia dan lingkungan menunjang kegiatan pembelajaran, hanya saja sedikit kurang tersedianya jurnal, koran, maket, dan hasil penelitian. 2) pengetahuan guru geografi terhadap sumber belajar meliputi jenis, fungsi, manfaat, cara penggunaan sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian, lebih dari setengah guru 57% atau 9 guru mmengetahui tentang jenis, fungsi, manfaat, dan cara penggunaan sumber belajar. Sisanya tidak mengetahui keseluruhan tetapi hanya sebagian saja. 3) Kompetensi guru dalam pemanfaatan sumber belajar sebagian besar guru 88% atau 13 guru menggunakan media, kecuali maket. 4) upaya pengembangan kompetensi guru untuk memanfaattkan sumber belajar diperoleh angka lebih dari setengah guru 88% atau 12 guru sering mengembangkan keprofesionalan. Berdasarkan penelitian ini penulis merekomendasikan agar guru geografi dan sekolah bekerjasama untuk meningkatkan ketersediaan jurnal, hasil penelitian dan koran. Meningkatkan kemampuannya dalam hal Guru geografi melakukan kerjasama dengan ssekolah untuk meningkatkan ketersediaan jurnal, hassil penelitian, dan koran. Guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Semarang diharapkan dapat meningkatkan kemampuaanya dalam hal mendayagunakan lingkungan, langkah awalnya seperti mengakrabkan siswa dengan lingkungan sekitar, yaitu lingkungan sekolah dan mengakrabkan siswa dengan lingkungan di luar sekolah. Dikarenakan guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Semarang jarang melakukan penelitian secara mandiri, disarankan untuk lebih giat melakukan penelitian secara mandiri untuk menunjang kemampuan dalam pemanfaatan dan pengembangan sumber belajar geografi.

 

Kata Kunci : Kompetensi Guru, Pemanfaatan Sumber Belajar.

Author Biography

Dewi Agustina, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-10-28
How to Cite
AGUSTINA, Dewi. KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI SMA NEGERI. GEOGRAFI, [S.l.], v. 2, n. 1, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/geografi/article/view/332>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Articles