ANALISIS DAMPAK PERTAMBAHAN PENDUDUK TERHADAP PENYERAPAN ANGKATAN KERJA

  • Nilatus Syaadah IKIP Veteran Semarang

Abstract

Pertambahan penduduk disuatu daerah disatu pihak akan merupakan modal pembangunan, karena terdapat angkatan kerja sesuai perkembangan penduduk tersebut. Sedangkan dilain pihak akan menjadi beban pemerintah karena setiap jiwa akan membutuhkan kebutuhan hidup, seperti pangan, sandang, penyediaan prasarana dan sarana sekolah serta lapangan kerja. Namun demikian terhadap angkatan kerja baik yang berada di kota, pinggiran kota, maupun di desa semakin sulit memperoleh lapangan pekerjan, apalagi berupaya menciptakan lapangan kerja baru atau wirausaha baru. Hal tersebut semakin tidak seimbang antara jumlah pencari kerja aktif maupun adanya lowongan kerja.

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, penulis ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang pertambahan penduduk kaitannya dengan angkatan kerja di Desa Jimbaran Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati melalu penelitian yang berjudul : “Analisis Dampak Pertambahan Penduduk Terhadap Penyerapan Angkatan Kerja di Desa Jimbaran Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati.†Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui berapa besar pertambahan penduduk di Desa Jimbaran Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. (2). Untuk mengetahui besarnya pertambahan penduduk terhadap angkatan kerja di Desa Jimbaran Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. (3). Untuk mengetahui dampak antara pertambahan penduduk dan penyerapan angkatan kerja di Desa Jimbaran Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif, yaitu metode penelitian yang menghasilkan data diskriptif yang berupa data-data tertulis maupun lisan dari orang atau perilaku yang diamati. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui Observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dapat diketahui bahwa jumlah penduduk bejumlah 2.026 jiwa. Yaitu laki-laki berjumlah 957 dan perempuan 1.069 dan memiliki 02 RW dan 17 RT. Hasil penelitian khususnya dari observasi, wawancara dan dokumentasi tentang dampak pertambahan penduduk terhadap penyerapan angkatan kerja setelah dilakukan penghitungan rumus dipendensi rasio bahwa setiap 100 usia produktif menanggung beban sebanyak 41 jiwa. Jadi semakin besar pembilang (orang-orang yang ditanggung) semakin besar angka ketergantungannya maka akan semakin besar pula beban tanggungannya. Jadi secara garis besar, pertambahan penduduk terhadap penyerapan angkatan kerja di Desa Jimbaran Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati setiap tahunnya mengalami peningkatan angkatan kerja.

Angka pertambahan penduduk mengalami peningkatan, cara mengetahui pertambahan penduduk yaitu dengan menggunakan rumus Metode Persamaan Berimbang (The Balancing Equation) (Prof, Ida Bagoes Mantra,Demografi), yaitu : Pt = Po + ( B – D) + ( IM – OM), Pt= 2.026+(24-14)+(17-8)=2026+19=2045 Jadi semula penduduk Desa Jimbaran Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati berjumlah 2.026 jiwa pada tahun 2012 menjadi 2045 jiwa ditahun 2013. Itu artinya pertambahan penduduk mengalami peningkatan sebesar 19 orang atau sebesar 0,9% di tahun 2013. Yang dimaksud dengan angkatan kerja adalah penduduk yang berumur 15 tahun keatas yang secara aktif melakukan kegiatan ekonomis (Biro Pusat Statistik, 1983). Di Desa Jimbaran sendiri penduduk yang merupakan angkatan kerja dan berumur produktif sebanyak 1431 jiwa dari 2.026 jiwa atau 70,6 %.

                                                                                                                                   

Kata kunci : pertambahan penduduk, penyerapan angkatan kerja.

Author Biography

Nilatus Syaadah, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-10-28
How to Cite
SYAADAH, Nilatus. ANALISIS DAMPAK PERTAMBAHAN PENDUDUK TERHADAP PENYERAPAN ANGKATAN KERJA. GEOGRAFI, [S.l.], v. 2, n. 1, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/geografi/article/view/331>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Articles