MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE DISKUSI DAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS

  • Cholifatut Diniyah IKIP Veteran Semarang

Abstract

Latar belakang pelitian ini adalah dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan di kelas IV semester 2 SD Negeri Botorejo 2  Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (non eksakta) menunjukkan penguasaan peserta didik terhadap materi sangat kurang. Dari 10 peserta didik yang mendapat nilai 75 ke atas atau yang mengalami tuntas belajar baru 2 peserta didik (20%). Ketidakberhasilan pembelajaran tersebut disebabkan oleh : (1) Peserta didik sering keluar masuk kelas dan gaduh. (2) Peserta didik sering melihat keluar sehingga perhatian tidak berpusat pada mata pelajaran. (3) Peserta didik kurang berani menjawab pertanyaan. (4) Peserta didik tidak berani bertanya bila mengalami kesulitan. (5) Peserta didik banyak yang salah dalam mengerjakan soal-soal latihan. (6)   Nilai tes formatif peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kompetensi dasar mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya  melalui metode latihan dan diskusi serta media gambar bagi siswa kelas IV semester 2 SD Negeri Botorejo 2 Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak tahun pelajaran 2013/2014; (2) Mendeskripsikan prestasi hasil belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kompetensi dasar mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya  melalui metode latihan dan diskusi  serta media gambar bagi siswa kelas IV semester 2 SD Negeri Botorejo 2; (3) Menemukan cara yang efektif dalam upaya meningkatkan prestasi hasil pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kompetensi dasar mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya  melalui metode latihan dan diskusi serta media gambar bagi siswa kelas IV semester 2 SD Negeri Botorejo 2; (4) Mengetahui prestasi hasil belajar bagi siswa kelas IV semester 2 SD Negeri Botorejo 2, Kec. Wonosalam, Kab. Demak tahun ajaran 2013/2014. Rumusan maslah pada penelitian ini adalah : “Apakah dengan penerapan metode diskusi dan penggunaan media gambar dapat meningkatkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang mengenal kekayaan dan budaya bangsa di kelas IV semester 2 SD Negeri Botorejo 2 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak tahun pelajaran 2013/2014†sedangkan hipotesis tindakannya adalah : (1) Penggunaan metode latihan dan diskusi kelompok serta media gambar dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengenal kekayaan dan budaya bangsa  pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV semester 2 di SD Negeri Botorejo 2  Kecamatan Wonosalam  Kabupaten Demak. (2) Penggunaan metode latihan dan diskusi kelompok serta media gambar dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam mengenal kekayaan dan budaya bangsa  pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV semester II di SD Negeri Botorejo 2  Kecamatan Wonosalam  Kabupaten Demak. (3) Penggunaan metode latihan dan diskusi kelompok serta media gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mengenal kekayaan dan budaya bangsa  pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV semester II di SD Negeri Botorejo 2  Kecamatan Wonosalam  Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui metode diskusi dan penggunaan media gambar dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Botorejo 2, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui metode diskusi dan penggunaan media gambar dapat meningkatkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat dari pra siklus dengan rata-rata kelas 56, ketuntasan klasikal 10% (1 dari 10 siswa mencapai KKM), siklus I dengan rata-rata kelas 64, ketuntasan klasikal 30% (3 dari 10 siswa mencapai KKM), siklus II dengan rata-rata 88, ketuntasan klasikal 90% (9 dari 10 siswa mencapai KKM).

 

Kata Kunci : diskusi, media gambar

Author Biography

Cholifatut Diniyah, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-10-28
How to Cite
DINIYAH, Cholifatut. MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE DISKUSI DAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS. GEOGRAFI, [S.l.], v. 2, n. 1, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/geografi/article/view/327>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Articles