PENGARUH KEGIATAN EKSTRA KURIKULER PRAMUKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR IPS SISWA

  • Mas’ut Mas’ut IKIP Veteran Semarang

Abstract

Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan pramuka terhadap kedisiplinan belajar IPS siswa SMP NURUL ULUM Karangroto Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini jumlah populasinya adalah seluruh Kelas VII SMP NURUL ULUM Karangroto Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Sejumlah 82 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, interview dan dokumentasi. Tekhnik angket digunakan mencari data-data yang dijadikan sebagai dokumentasi pada penelitian ini seperti arsip tentang sejarah, lokasi, dan berbagai hal tentang SMP NURUL ULUM Karangroto Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014, teknik observasi digunakan untuk mengamati siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka di SMP NURUL ULUM Karangroto Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014, teknik interview (wawancara) digunakan untuk memperoleh data tentang sejarah berdirinya SMP NURUL ULUM Karangroto Genuk Semarang, dan teknik dokumentasi digunakan untuk memcari data-data yang dijadikan sebagai dokumentasi pada penelitian ini seperti arsip sejarah, lokasi dan berbagai hal tentang SMP NURUL ULUM Karangroto Genuk Semarang, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi pendahuluan, analisis lanjutan dan analisis uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi produk moment. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh antara kegiatan Pramuka terhadap kedisiplinan belajar IPS SMP NURUL ULUM Karangroto Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdsarkan hasil perhitungan, dengan N = 30 diperoleh nilai koefisien korelasi atau (rxy) sebesar 0,533, kemudian hasil tersebut dikonsultasikan dengan tabel r, dengan responden 30 siswa dengan taraf 5 % diperoleh dari tabel 0,361 dan signifikansi 1 % diperoleh dari tabel 0,463. Bila dibandingkan ternyata ro : 0,533 > 0,361 dan 0,533 > 0,463. Dari uraian tersebut, maka ro = memiliki tingkat korelasi hipotesis sebesar 28,408% dan sisa dari hasil prosentase hipotesis sebesar 28,9119%. Berdasarkan analisis data tersebut dapat diketahui bahwa hasil penelitian : Ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan Pramuka terhadap kedisiplinan IPS siswa IPS SMP NURUL ULUM Karangroto Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci : ekstra kurikuler pramuka, kedisiplinan belajar, siswa kelas VII SMP NURUL ULUM .

Author Biography

Mas’ut Mas’ut, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-10-28
How to Cite
MAS€™UT, Mas’ut. PENGARUH KEGIATAN EKSTRA KURIKULER PRAMUKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR IPS SISWA. GEOGRAFI, [S.l.], v. 2, n. 1, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/geografi/article/view/325>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Articles