Analisa Pengaruh Perlakuan Panas Piston Komposit Berpenguat Silikon Karbida (SiC) Menggunakan Metode Squeeze Casting Terhadap Karakterisasi Dan Sifat Mekanik

  • Radimin Fuad Abdillah IKIP Veteran Semarang

Abstract

Secara kualitas paduan aluminium murni dan daur ulang tidak ada perbedaan kualitas. Banyak komponen otomotif yang terbuat dari paduan aluminium, mulai dari piston, blok mesin, cylinder head, valve dan lain sebagainya. Piston terbuat dari paduan aluminium dan silikon memiliki daya tahan terhadap korosi, abrasi, ulet, dan kekuatan tinggi tetapi kekerasan rendah. Untuk meningkatkan kekerasan dengan menambah penguat 12%, dapat meningkatkan kekuatan sifat mekanik 100 %. Limbah aluminium ditambah SiC menggunakan metode squeeze casting dengan penguat partikel dan fiber dapat meningkatkan kekuatan tarik 225%, kekerasan 150% dan porositas 5%. Piston komposit dengan komposisi 77% limbah piston, 18 %  Silikon karbida dan 11% Magnesium dan tekanan 800 MPa untuk kekerasan menyamai kekerasan piston tetapi keuletanya sangat rendah, maka perlu dilakukan proses heat treatment (perlakuan panas) untuk memperbaiki sifat mekanik. Tujuan penelitian ingin mengetahui komposisi campuran piston komposit dan waktu penahan proses perlukuan yang dapat meningkatkan kekuatan mekanik piston komposit. Hasilnya dengan meningkatnya kandungan magnesium dan penguat SiC dapat meningkatkan kekerasan spesimen piston komposit dan ikatan antarmuka yang optimal. Bertambahnya tekanan squeece casting dan waktu penahan perlakuan panas mampu meningkatkan kekerasan spesimen piston komposit. Komposisi campuran K3, tekanan 800 Mpa, dan waktu penahan 3 jam untuk kekerasan melebihi kekerasan piston Daihatsu Hijet-1000 yang berfungsi sebagai kontrol. Kekerasanya mencapai 77,14 HRB.

 

Keyword: Aluminium, piston, composite, silicon carbide, squeeze casting
Published
2015-10-11
How to Cite
FUAD ABDILLAH, Radimin. Analisa Pengaruh Perlakuan Panas Piston Komposit Berpenguat Silikon Karbida (SiC) Menggunakan Metode Squeeze Casting Terhadap Karakterisasi Dan Sifat Mekanik. GARDAN, [S.l.], v. 5, n. 1, oct. 2015. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/gardan/article/view/410>. Date accessed: 12 dec. 2017.
Section
Articles