Karakterisasi Material Hidroksiapatit Tulang Sapi Pada Filamen Print 3D Metode Fused Deposition Modelling Untuk Implan Scaffolds Rekonstruksi Mandibula

  • Solechan Saifudin Ali Anwar Universitas Muhammadiyah Semarang

Abstract

Penyakit tulang diakibatkan kanker menurut WHO tahun 2008 mencapai 12 juta kasus kanker baru, 7 juta orang meninggal dan 5 juta orang hidup dengan kanker. Tumor tulang bagian dari kanker, kasusnya kurang dari 1% dari semua jenis kanker. Lokasi tumor paling banyak ditibia 41%, tulang femur 33%, tulang maxillofacial dan mandibular 3%. Penyembuhan kanker mandibula menggunakan Scaffolds untuk pemulihan tulang. Scaffolds dibuat dari polimer, keramik dan komposit. Sekarang ini scaffolds dibentuk dengan print 3D melalui filamen komposit. Material komposit filamen dengan filler hidroxyapatite bovine (HAb) atau hidroxyapatite dari tulang sapi memiliki kekuatan yang lebih. Metode pembuatan Hidroxyapatite bovine dari tulang sapi bagian kortikal dengan proses kalsiniasi pada suhu 1100oC dengan waktu penahanan 3 jam. Hasil uji karakterisasi material HAb secara gugus fungsi dan difraktogram puncak-puncak yang tajam menguatkan HAb memiliki kesamaan dengan HA komersil. Material HAb memiliki rasio Ca/P 2.15 sedangkan HA komersil 1,67. Material HAb memiliki unsur calcium lebih banyak dari HA komersil. Bentuk butir HAb berbentuk kotak tidak beraturan dengan ukuran butir 300 nm, sehingga cocok digunkan sebagai filler material komposit filamen print 3D.

 

Kata kunci: hidroxyapatite, kalsinasi, sapi, serbuk, tulang.
Published
2015-10-11
How to Cite
SAIFUDIN ALI ANWAR, Solechan. Karakterisasi Material Hidroksiapatit Tulang Sapi Pada Filamen Print 3D Metode Fused Deposition Modelling Untuk Implan Scaffolds Rekonstruksi Mandibula. GARDAN, [S.l.], v. 5, n. 1, oct. 2015. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/gardan/article/view/409>. Date accessed: 22 july 2018.
Section
Articles