DAMPAK TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA MASYARAKAT NELAYAN DI DESA BAJOMULYO KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI

  • Hangga Surya Kusuma IKIP Veteran Semarang

Abstract

Tempat Pelelangan Ikan atau yang dapat disebut dengan TPI,yang berada di Desa Bajomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati merupakan salah satu Tempat Pelelangan Ikan terbesar di Kabupaten Pati. Dengan keberadaan dari Tempat Pelelangan Ikan ini penulis akan menguraikan pengaruh Tempat Pelelangan Ikan terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat di desa Bajomulyo. Rumusan masalah dalam skipsi ini adalah bagaimana Sejarah tentang berdirinya TPI di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, bagaimana karakteristik masyarakat di sekitar TPI di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, bagaimana budaya lokal masyarakat di sekitar TPI di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, bagaimana dampak TPI terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, bagaimana dampak  TPI terhadap kondisi sosial budaya masyarakat di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, Apa saja yang menjadi hambatan dalam pengelolaan TPI di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, serta upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk menghadapi hambatan yang muncul dalam pengelolaan tempat pelelangan ikan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Sejarah tentang berdirinya TPI di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, untuk mengetahui karakteristik masyarakat di sekitar TPI di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, untuk mengetahui budaya lokal masyarakat di sekitar TPI di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, untuk mengetahui dampak TPI terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, untuk mengetahui dampak TPI terhadap kondisi sosial budaya masyarakat di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan dalam pengelolaan TPI di desa Bajomulyo kecamatan Juwana kabupaten Pati, serta untuk mengetahui upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk menghadapi hambatan yang muncul dalam pengelolaan tempat pelelangan ikan. Penelitian ini dilakukan di kawasan TPI yang ada  di desa Bajomulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan selama proses observasi,  adapun yang di analisis adalah kondisi dari TPI dan Masyarakat nelayan.

 

Kata Kunci : Tempat Pelelangan Ikan, Kehidupan Sosial Ekonomi Dan Budaya, nelayan

Published
2014-11-28
How to Cite
KUSUMA, Hangga Surya. DAMPAK TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA MASYARAKAT NELAYAN DI DESA BAJOMULYO KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI. DIMENSI, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/dimensi/article/view/377>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Artikel