PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI MA NU SAFINATUL HUDA KARIMUNJAWA KABUPATEN JEPARA

  • Anwar Mubarok IKIP Veteran Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)  pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar sejarah di MA. NU Safinatul Huda Karimunjawa, (2) kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar sejarah, (3) cara mengatasi kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar sejarah di  MA.NU Safinatul Huda Karimunjawa Kabupaten Jepara tahun 2013-2014 ? (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi siswa dalam menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar sejarah? (3) Bagaimana cara mengatasi kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar sejarah?. Penelitian ini menggunakan  penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif dengan kompenen reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mata pelajaran IPS, koleksi bahan berupa buku berjumlah 221 eksemplar dari jumlah keseluruhan buku di perpustakaan sekolah 1413 eksemplar, terdiri buku mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, IPA, PPKn dan Karya Umum. Kendala-kendala yang dihadapi siswa adalah tingkat partisipasi guru yang masih rendah, siswa mempunyai waktu sedikit saat istirahat, jam layanan perpustakaan relative pendek, masih minimnya sarana dan prasarana perpustakaan, minimnya tenaga pengelola. Cara mengatasi kendala-kendala adalah tenaga perpustakaan, layanan perpustakaan, promosi, peralatan dan perlengkapan, pembiayaan, koleksi bahan pustaka, pembinaan minat baca, penjadwalan.

 

Kata Kunci: Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar Sejarah, Karimunjawa.

Published
2014-11-28
How to Cite
MUBAROK, Anwar. PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI MA NU SAFINATUL HUDA KARIMUNJAWA KABUPATEN JEPARA. DIMENSI, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/dimensi/article/view/375>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Artikel